Share

Tim Gabungan BNN Temukan 1.000 Batang Pohon Ganja

Era Neizma Wedya, iNews · Kamis 03 Februari 2022 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 340 2541784 tim-gabungan-bnn-temukan-1-000-batang-pohon-ganja-irIZYr1QMX.jpg Tim BNN temukan 1.000 batang pohon ganja di Empat Lawang (Foto : MPI/BNN)

EMPAT LAWANG - Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Empat Lawang, Musi Rawas dan Lubuklinggau serta BNN Palembang berhasil menemukan ladang ganja di Empat Lawang, tepatnya di Bukit Mandi Angin, Kecamatan Pendopo Barat (Pobar), Empat Lawang.

Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP Syahril mengatakan penemuan ladang ganja ini berkat informasi dari masyakarat terkait adanya ladamg ganja.

Adapun seribu batang ganja tersebut ditanam di ladang seluas kurang lebih satu hektar pada lereng curam yang ada di Bukit Mandi Angin, Kecamatan Pendopo Barat (Pobar), Empat Lawang. Tanaman ganja dengan rincian sekira 600 batang besar dan 400 batang kecil.

Diketahui bahwa saat dilakukan penyelidikan seorang pemuda asal Kecamatan Pendopo Barat berinisial EF (25) diamankan oleh personel BNN Kabupaten Empat Lawang.

“Saat ditangkap tersangka membawa daun ganja sebanyak kurang lebih setengah kilogram, daun tersebut dsimpan di badannya,” kata Syahril.

Dari hasil interogasi EF mengakui memperoleh ganja dari seseorang teduga pemilik kebun ganja seluas satu hektar tersebut yang kini sudah menjadi daftar pencarian orang (DPO).

“Dari pengakuan EF inilah, kami mengetahui dimana lokasi ladang ganja tersebut,” jelasnya.

Setelah memperoleh informasi tersebut personel langsung ke lokasi ladang ganja di mana mereka setidaknya harus menempuh perjalanan kaki selama kurang lebih 3,5 jam untuk tiba di lokasi.

“Saat kita ke lokasi sama sekali tidak menduga jika lokasinya berada di perbukitan curam dengan kemiringan 45 derajat,” katanya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ditambahkan Syahril, kondisi tanaman ganja yang batangnya besar tidak tinggi sebab nampak sering dipangkas layaknya tanaman bonsai.

“Tanaman ganjanya tidak ada yang tinggi melebihi tanaman kopi di sekitar lokasi, mungkin sengaja disamarkan layaknya bonsai agar tidak terpantau drone,” katanya.

Setelah tanaman ganja tersebut diangkut ke BNNK Empat Lawang, barang bukti tersebut dan seorang EF dibawa ke kantor BNN Provinsi Sumsel Kota Palembang.

“Keduanya yakni barang bukti dan tersangka Rabu sore kita bawa ke Palembang, karena ruang tahanan kita tidak standar,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini