Share

Diterjang Hujan Es, Puluhan Rumah di Klaten Rusak

Saeful Efendi, iNews · Minggu 20 Februari 2022 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 512 2550283 diterjang-hujan-es-puluhan-rumah-di-klaten-rusak-ku6UiI2cDe.jpg Rumah rusak diterjang hujan es disertai angin kencang di Klaten (Foto: Saeful Efendi)

KLATEN - Hujan es disertai angin kencang menerjang Klaten, Jawa Tengah, Minggu (20/2/2022) petang. Puluhan rumah rusak, yang mayoritas di bagian genting. Ada pula yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Dalam video amatir, hujan es disertai angin kencang melanda wilayah di Klaten sekitar pukul 15.30. Puluhan rumah yang mengalami kerusakan ada di 3 desa, Kecamatan Juwiring.

Baca Juga:  Fenomena Hujan Es Terjadi di Depok

Salah satunya di Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring. Sedikitnya ada dua puluhan rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap gentingnya karena berhamburan. Sedangkan lainnya, rusak akibat tertimpa pohon tumbang mengenai atap rumah.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, hingga sore hari para pemilik rumah terpaksa harus membenahi genting rumah mereka.

Menurut Agus, salah seorang warga, sebelum terjadi angin kencang sempat diawali mendung gelap. Lalu, tiba-tiba hujan deras bersamaan butiran es dan angin kencang dari arah utara ke selatan, yang terjadi hanya sekitar 15 menit dan membuat sejumlah genting warga berhamburan. Belum diketahui pasti kerugian dalam peristiwa ini.

"Alhamdulilah tidak ada korban. Tapi ada rumah rusak," ujar Kepala Desa Bolopleret Catur Joko Nugroho.

Baca Juga:  Hujan Es Disertai Angin, Gerbang Terminal Roboh Timpa Angkot di Malang

Selain merusak rumah warga, hujan es disertai angin kencang juga membuat sejumlah pohon di pinggir jalan yang menghubungkan antara kabupaten arah Tanjung Kabupaten Klaten menuju Daleman Kabupaten Sukoharjo tumbang hingga membuat kemacetan.

Petugas relawan dibantu TNI-Polri dan relawan BPBD bekerja ekstra untuk membersihkan pohon yang tumbang mengganggu akses lalu lintas.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini