Share

5 Negara dengan Operasi Plastik Terbanyak di Dunia, Paling Populer Pembesaran Payudara

Susi Susanti, Okezone · Senin 21 Februari 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 18 2550588 5-negara-dengan-operasi-plastik-terbanyak-di-dunia-paling-populer-pembesaran-payudara-MZypD1DnRS.jpg Ilustrasi operasi wajah (Foto: Healthline)

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah orang yang melakukan operasi plastik mengalami peningkatan. Tujuan operasi plastik ini pun bervariasi. Seperti memperbaiki bentuk wajah yang dianggap tidak seimbang hingga alasan agar tampak lebih cantik dan memikat.

Pada 2019, sekitar 11,36 juta prosedur operasi plastik dilakukan di seluruh dunia bersama dengan 13,6 juta prosedur non-bedah lainnya. Operasi paling populer yang dilakukan ahli bedah plastik adalah pembesaran payudara dengan hampir 1,8 juta prosedur dilakukan. Lalu diikuti operasi sedot lemak dengan 1,4 juta dan operasi kelopak mata dengan 1,26 juta. Data tersebut berasal dari International Society of Aesthetic Plastic Surgery atau ISAPS yang melaporkan bahwa jumlah total prosedur pembedahan pada 2019 menunjukkan peningkatan 7,1% pada 2018 dan peningkatan 20,6% pada 2015.

Berikut lima negara dengan jumlah operasi plastik terbanyak di dunia.

1. Amerika Serikat (AS)

Operasi plastik kosmetik telah meningkat pesat di AS dalam beberapa tahun terakhir karena kemajuan teknologi yang menawarkan layanan yang aman bagi lebih banyak orang. Penerimaan yang berkembang untuk meningkatkan penampilan individu juga telah memicu peningkatan permintaan akan perawatan estetika.

Baca juga: 5 Negara dengan Operasi Plastik Terbanyak di Dunia, Ada yang Mencapai 4,3 Juta Kali

Pada 2019, ada 6.900 ahli bedah plastik di AS, jauh lebih banyak daripada negara lain mana pun di dunia. Menurut Aesthetic Society, pada tahun 2020, prosedur bedah yang paling banyak dilakukan adalah sedot lemak. Lalu operasi pembesaran payudara berada di urutan kedua. Prosedur populer lainnya termasuk operasi plastik wajah seperti operasi hidung (operasi hidung) atau operasi pengencangan wajah.

Baca juga:  Gadis Ini Operasi Plastik 70 Kali Sejak Usia 13 Tahun, Hasilnya Dijuluki si Wajah Ular

Menurut data baru dari Aesthetic Society, orang AS menghabiskan lebih dari USD9 miliar (Rp130 triliun) untuk prosedur bedah dan kosmetik invasif minimal pada 2020.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Adapun kota-kota dengan jumlah ahli bedah plastik tertinggi yakni Miami, Los Angeles, New Orleans, dan New York.

Pasien memiliki akses ke ahli bedah plastik paling berbakat dan berperingkat tinggi dengan keterampilan profesional berkualitas tinggi dalam peningkatan bedah dan non-bedah.

Menurut laporan terbaru ISAPS, secara total, AS melakukan prosedur paling banyak dari setiap negara dengan 4,2 juta perawatan, mengambil 17,9 persen dari total perawatan di seluruh dunia.

AS menempati posisi teratas dalam prosedur bedah payudara (19 persen dari total global), dan tempat kedua untuk kategori tubuh, yang mencakup perawatan, seperti sedot lemak, abdominoplasty, dan augmentasi bokong.

Untuk perawatan wajah dan kepala, AS menempati posisi kedua dengan total 410.784 perawatan. Lalu operasi kelopak mata secara mengejutkan menduduki urutan teratas prosedur yang paling banyak diminta. Faktanya, operasi kelopak mata berada di urutan teratas di hampir semua negara.

2. Brasil

Brasil berada di urutan kedua dengan jumlah operasi plastik yakni 2,5 juta prosedur, yang merupakan 10,7 persen dari total global.

Pada 2019, Brasil adalah negara dengan jumlah operasi plastik tertinggi. Brasil memiliki 1,49 juta prosedur operasi plastik tahun itu, yang didominasi Sedot Lemak, Augmentasi Payudara, dan Abdominoplasti.

Menurut ISAPS, Brasil memiliki jumlah ahli bedak plastik terbanyak kedua setelah AS, yakni 6.011 orang.

3. Meksiko

Di tempat lain di liga operasi plastik, Meksiko berada di urutan ketiga dengan 580.000 prosedur.

Meksiko telah menjadi salah satu negara terkemuka dalam operasi plastik yang aman dan terjangkau dengan ahli bedah terakreditasi dan terkenal yang dicari. Meksiko sekarang menjadi salah satu tujuan paling populer di dunia dalam hal menjalani semua jenis prosedur operasi plastik. Prosedur ini seringkali jauh lebih terjangkau daripada dilakukan di rumah, ditambah pasien juga akan menemukan bahwa mereka dapat tinggal lebih dekat ke rumah dan menerima banyak paket liburan mewah juga setelah prosedur mereka selesai.

Operasi plastik di Meksiko juga seringkali lebih murah daripada operasi yang dilakukan di AS dan negara lain. Di Meksiko, pasien dapat membeli liburan medis dan menghabiskan hingga USD5.000 (Rp72 juta), yang mencakup masa pemulihan selama empat hingga lima hari dalam suasana seperti resor.

4. India

India mencatat jumlah operasi plastik mencapai 394.728 prosedur. Bedah plastik di India adalah pilihan ideal untuk tampil terbaik tanpa mengeluarkan biaya besar. Negara ini adalah rumah bagi rata-rata 5.000 ahli bedah kosmetik aktif. Ahli bedah plastik di India tidak hanya ahli dalam industri ini tetapi juga memiliki sertifikasi yang diberikan oleh otoritas bergengsi di negara tersebut.

Rumah sakit kelas satu di India menawarkan layanan untuk mengesahkan perawatan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Ahli bedah plastik India disertifikasi oleh Dewan Medis India, dan mereka menjalani proses pelatihan yang ketat sebelum menjadi berkualitas. Kualitas sangat penting saat menjalani operasi plastik. Karena itulah India terkenal secara global karena standarnya yang sempurna.

5. Korea Selatan (Korsel)

Harga operasi plastik di Korsel biasanya jauh lebih rendah daripada di tempat lain, seperti AS atau Eropa Barat. Alasan utamanya adalah pasien dapat memilih dokter bedah dan harganya sesuai dengan kebutuhannya.

Saat ini Korsel seolah menjelma menjadi tujuan internasional populer untuk bedah kosmetik. Negara ini menjadi rumah bagi beberapa ahli bedah plastik terbaik yang tetap terdepan dalam mengikuti kemajuan dan kemajuan teknologi di bidangnya.

Ahli bedah plastik di Korea tetap mengikuti tren medis baik di dalam maupun di luar negeri dengan menghadiri lokakarya, konferensi, dan acara industri lainnya.

Salah satu operasi plastik yang paling banyak diminati yakni implan payudara. Lalu rekonstruksi wajah, operasi laser, dan banyak lagi.

Dengan tujuan keseimbangan sempurna antara harapan pasien dan teknisi, fasilitas kesehatan di sana telah mengadopsi teknologi robotik baru untuk membantu segala macam prosedur kosmetik.

Misalnya, sistem pemodelan 3-D membantu pasien dan ahli bedah untuk memahami jenis hasil yang mungkin diperoleh melalui terapi gen atau pilihan pengobatan sel induk. Teknologi robot membantu ahli bedah untuk memastikan kemandulan dan mengurangi kemungkinan infeksi. Ini juga membantu untuk mencapai hasil yang lebih akurat yang cukup tepat untuk memenuhi harapan pasien.

1
5

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini