Share

MBS : Pembunuhan Khashoggi Sangat Menyakitkan Saya dan Warga Saudi

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 04 Maret 2022 04:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 18 2555995 mbs-pembunuhan-khashoggi-sangat-menyakitkan-saya-dan-warga-saudi-e6tSAoHAde.jpg Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto : Reuters)

RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengaku merasa tersakiti atas tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi, yang dikaitkan dengan pemerintah Arab Saudi.

"Itu sangat menyakitkan saya. Itu menyakiti saya dan Arab Saudi, dari perspektif perasaan," katanya saat sesi wawancara dengan The Atlantic, sebagaimana dikutip pada Jumat (4/3/2022).

Putra Mahkota mengaku memahami perasaaan kemarahan, terutama di kalangan jurnalis atas tewasnya Khashoggi pada 2018 lalu.

Ia pun mengaku, insiden Khashoggi ini menjadi yang terburuk yang pernah menimpanya. "Karena itu bisa menghancurkan semua rencana saya untuk mereformasi negara," kata Mohammed bin Salman (MBS) kepada orang terdekatnya.

Selain itu, putra mahkota juga mengatakan, dalam perkara Khashoggi ini, haknya telah dilanggar.

“Saya merasa bahwa hukum hak asasi manusia tidak diterapkan pada saya,” katanya.

“Pasal XI Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa setiap orang tidak bersalah sampai terbukti bersalah.” Arab Saudi telah menghukum mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu, katanya—namun kekejaman yang sebanding, seperti pengeboman pesta pernikahan di Afghanistan dan penyiksaan tahanan di Teluk Guantanamo, tidak dihukum.

Sementara itu, Mohammed bin Salman sendiri mengaku tidak pernah membaca tulisan karya Khashoggi.

"Saya tidak pernah membaca artikel Khashoggi dalam hidup saya," katanya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Ia mengatakan, jika itu cara kami melakukan sesuatu, Khashoggi bahkan tidak berada dalam daftar 1.000 orang teratas.

“Jika itu cara kami melakukan sesuatu, Khashoggi bahkan tidak akan termasuk di antara 1.000 orang teratas dalam daftar. Jika Anda akan melakukan operasi lain seperti itu, untuk orang lain, itu harus profesional dan itu harus menjadi salah satu dari 1.000 teratas.”

Namun demikian, dia menyatakan bahwa pembunuhan Khashoggi adalah “kesalahan besar.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini