Share

Perkenalkan, Mega Moon Roket NASA yang Akan Meluncur ke Bulan

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Kamis 17 Maret 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 18 2563071 perkenalkan-mega-moon-roket-nasa-yang-akan-meluncur-ke-bulan-xbRsu1iY9G.jpg Roket Mega Moon (Foto: NASA)

JAKARTA - Roket Mega Moon belakangan banyak menjadi perbincangan karena  NASA sedang menyiapkan roket tersebut untuk misi ke bulan. Melansir Sindonews, roket tersebut telah disiapkan di landasan peluncuran Kennedy Space Center, Florida pada 14 Maret 2022. Mega Moon direncanakan untuk melakukan tes sebelum peluncuran pada 17 Maret 2022. NASA memberikan keterangan bahwa roket ini akan melakukan perjalanan dengan jarak 6,4 km. Lokasi awal keberangkatan Mega Moon adalah VAB atau Vehicle Assembly Building di Kennedy dan berakhir di Launch Pad 39B.

Baca juga: Reaction Engine Kembangkan Mesin Roket

Apabila pengujian ini berjalan mulus, roket tanpa awak ini bisa lepas landas pada Mei mendatang dengan waktu 26 hari. Meskipun diluncurkan nirawak, sebenarnya roket ini bisa diisi oleh 4 orang awak. BBC menyebut, misi yang disebut Artemis 1 ini akan mengirim roket untuk mengelilingi bulan. Rencana jangka panjangnya, NASA akan mengirimkan astronot ke bulan pada 2024.

Baca juga:  NASA Ungkap SLS, Sistem Peluncuran Generasi Baru

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Roket yang memiliki nama lain Space Lunch System (SLS) ini memiliki tinggi 98 meter. Sementara itu, berat roket ini ditaksir mencapai 2,6 juta kilogram. Jika mengudara, Mega Moon akan menghasilkan daya dorong sebesar 8,8 juta pon. Ada beberapa bagian yang dimiliki oleh Mega Moon, di antaranya adalah 4 mesin jet yang masing-masing memiliki tinggi 65 meter. Mesin jet ini juga diapit oleh 2 roket pendorong yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini