Share

Paus Fransiskus Kunjungi Anak-Anak Korban Perang Rusia-Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 20 Maret 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 18 2564652 paus-fransiskus-kunjungi-anak-anak-korban-perang-rusia-ukraina-b0WZYiocqO.JPG Paus Fransiskus mengunjungi Rumah Sakit Anak Bambino Gesu untuk menjenguk anak-anak Ukraina yang melarikan diri dari perang yang terjadi di negara itu, Roma, Italia, 19 Maret 2022. (Foto: Media Vatikan via Reuters)

ROMA - Paus Fransiskus pada Sabtu (19/3/2022) melakukan kunjungan mendadak ke anak-anak pengungsi perang Ukraina yang dirawat di rumah sakit anak di Roma.

Salah satu video yang dirilis oleh Vatikan menunjukkan paus berbicara dengan seorang gadis dengan kepala yang diperban penuh dan apa yang tampak seperti selang di tenggorokannya.

Sebanyak 19 anak-anak Ukraina saat ini dirawat di dua cabang rumah sakit Bambino Gesu karena kanker, kondisi neurologis atau cedera perang serius yang disebabkan oleh ledakan, kata Vatikan.

Diwartakan Reuters, sekira 50 anak dari Ukraina telah dirawat di rumah sakit sejak perang dimulai.

"Darah dan air mata anak-anak, penderitaan wanita dan pria yang membela tanah mereka atau melarikan diri dari pemboman mengguncang hati nurani kita," kata Paus Fransiskus dalam sebuah pesan di konferensi Gereja di Slovakia pada Jumat (18/3/2022).

Menurut data Kantor hak asasi PBB (OHCHR), hingga 17 Maret setidaknya 816 warga sipil Ukraina, termasuk anak-anak, tewas dan 1.333 lainnya terluka.

Sebagian besar korban berasal dari senjata peledak seperti tembakan dari artileri berat dan sistem roket multi-peluncuran, dan serangan rudal dan udara, kata OHCHR.

Jumlah korban sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi karena OHCHR, yang memiliki tim pemantau besar di negara itu, belum dapat memverifikasi laporan korban dari kota-kota yang terkena dampak parah seperti Mariupol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini