Share

Ngeri-Ngeri Sedap, Bisnis Ternak Anaconda Penghasil Cuan

Indira Arri, RCTI · Minggu 27 Maret 2022 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 340 2568519 ngeri-ngeri-sedap-bisnis-ternak-anaconda-penghasil-cuan-WJbzIAGslK.jpg Bisnis ternak Anaconda bisa hasilkan cuan (Foto : iNews)

DENPASAR - Bagi masyarakat pada umumnya, ular seperti piton dan anaconda mungkin sangat mengerikan. Namun bagi pecinta reptil dan kolektor, ular ukuran jumbo ini bisa diternakkan bahkan sebagai penghasil cuan.

Seperti yang dilakukan seorang kolektor hewan eksotis di Denpasar, Deby Agus Slamet Riyadi, dia berhasil mengawinkan jenis ular yellow anaconda hingga menghasilkan ratusan keturunan sejak 2010.

Dirinya mengklaim sebagai satu-satunya kolektor yang berhasil menernakkan Yellow Anaconda di bali dan menyebar ke seluruh Indonesia.

Pria yang akrab dipanggil Damar ini menuturkan dirinya tertarik dengan ular anaconda karena dipandang sebagai salah satu hewan yang melegenda dan dianggap jarang yang memelihara di Indonesia.

Dengan berhasil mengembangbiakkan anaconda, ia dapat menciptakan pundi-pundi cuan meski tak mematok harga per ekor ular-ularnya.

"Saya tidak mematok harga," kata Damar, Minggu (27/3/2022).

Anaconda berkembangbiak dengan beranak berrtelur atau ovovivipar, dengan habitat alamnya yang dikenal semi aquatic. Ketika dipelihara, kondisi kandang bisa dibuat dengan penuh air ataupun kering.

Keunggulan ular raksana penghuni Sungai Amazon ini memiliki daya tahan tubuh yang baik dan saat dipelihara panjangnya dapat mencapai 4 meter. Namun di alam liar, bisa mencapai panjang lebih dari 5 meter.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini