Share

Sambut Bulan Suci Ramadan, Pemimpin Dunia Beri Ucapan Selamat Berpuasa

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 02 April 2022 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 18 2572116 sambut-bulan-suci-ramadan-pemimpin-dunia-beri-ucapan-selamat-berpuasa-URPOnWaJ7a.jpg Bulan suci Ramadan (Foto: Twitter)

NEW YORK - Dengan dimulainya bulan suci Ramadan (juga dikenal sebagai Ramazan atau Ramzan), para pemimpin dunia menyampaikan harapan mereka kepada komunitas Muslim saat bulan suci dimulai.

Bulan suci Ramadan selama sebulan tergantung pada penampakan bulan sabit. Tahun ini, di India, bulan suci kemungkinan akan dimulai pada Sabtu (2/4) malam setelah penampakan bulan, dengan puasa pertama diamati pada Minggu (3/4). Bulan biasanya pertama kali terlihat di Arab Saudi, bersama dengan beberapa negara Barat dan kemudian biasanya sehari kemudian di seluruh India, Pakistan, Bangladesh, dan negara-negara lain.

Baca juga: Hari Ini Mesir Mulai Berpuasa, Gelar Tarawih dan Itikaf Dilarang

Melalui Twitter, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan harapannya kepada komunitas Muslim di seluruh dunia. “Jill dan saya menyampaikan harapan terbaik kami kepada komunitas Muslim di sini di Amerika Serikat dan di seluruh dunia pada awal Ramadhan. Dari Rumah Rakyat hingga rumah Anda masing-masing, kami ucapkan semoga Anda dan orang-orang terkasih mendapatkan bulan yang penuh berkah dan sejahtera. Ramadhan Kareem!,” tulisnya.

Baca juga: Raja Salman Ucapkan Selamat Berpuasa ke Seluruh Muslim di Dunia: Kita Patut Bersyukur

Nancy Pelosi, juru bicara Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat sejak 2019 juga ikut mencuitkan pesan.

“Saat matahari terbenam hari ini, komunitas Muslim di AS dan di seluruh dunia menyambut Bulan Suci #Ramadhan dan musim refleksi diri, pembaruan, dan rasa syukur. Ramadhan Mubarak bagi semua yang merayakan. Semoga bulan ini membawa Anda kedamaian dan berkah,” tulisnya.

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau juga mengucapkan selamat kepada sesama warga Kanada sebagai "bulan yang penuh berkah dan damai".

“Untuk Muslim Kanada di seluruh negeri: Saat Anda menandai awal Ramadhan, dan saat Anda berpuasa, berdoa, dan bercermin dengan orang yang Anda cintai, saya ingin mengucapkan bulan yang diberkati dan damai. Ramadhan Mubarak!,” terangnya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengharapkan berkah Ramadan untuk seluruh umat manusia.

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas Ramadhan Anda, di mana kita akan bangun untuk sahur pertama malam ini, kita akan berpuasa untuk pertama kalinya besok, yang kepalanya rahmat, yang tengahnya adalah pengampunan, dan yang ujungnya adalah keselamatan dari siksaan abadi. Saya berharap berkah Ramadhan untuk seluruh umat manusia," cuitnya dalam bahasa Turki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini