Share

Manfaatkan Lahan Mangkrak, Seorang ASN di Kendal Kembangkan Budidaya Pisang Mulyo

Eddie Prayitno, iNews · Senin 04 April 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 512 2572831 manfaatkan-lahan-mangkrak-seorang-asn-di-kendal-kembangkan-budidaya-pisang-mulyo-8QilI554fg.jpg Seorang ASN kembangkan budidaya pisang mulyo. (Foto: Eddie Prayitno)

KENDAL - Kecintaan dengan pertanian membuat Saiful Huda, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kecamatan Cepiring, Kendal, Jawa Tengah, mengembangkan tanaman buah unggulan. Huda memanfaatkan lahan yang mangkrak dan mampu menghasilkan pisang mulyo yang bertandan banyak dan berukuran besar.

Huda menyempatkan waktu di saat tugas dengan berbudidaya tanaman pisang mulyo, varian baru pisang yang berasal dari Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Pisang tersebut coba dikembangkan di Kendal.

Latar belakang menanam pisang mulyo karena tertarik dengan besarnya dan banyaknya sisir pisang. Huda mencoba menaman 500 pohon pisang pada area tanah seluas 1 hektare, dimulai sejak tiga bulan lalu.

Baca juga: Ribuan Jenis Pisang Ada di Indonesia, Wapres: Kenyang Tidak Harus Makan Nasi

Huda mengatakan, keunggulan pisang mulyo adalah bentuk buahnya yang cukup besar dengan 15-20 sisir per tandan. “Harga per tandannya saat ini mencapai 300 ribu Rupiah sampai 500 ribu Rupiah,” ucapnya.

Selain bertujuan untuk memanfaatkan lahan pertanian yang mangkrak, juga sebagai uji coba tanaman pisang mulyo di Kendal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Dari sisi harga sangat menjanjikan karena besar buahnya dan hasilnya banyak. Saat panen bahkan beberapa pohon pisang roboh saking berat buahnya,” ucapnya.

Dirinya berharap, uji coba pengembangan pisang mulyo di Kendal bisa berhasil sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani di wilayahnya. Saat ini daya beli masyarakat dengan pisang dari Malang ini besar. Bahkan beberapa pesanan sudah ada sebelum buah dipanen.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini