Share

Angin Kencang Terjang Majalengka, 10 Rumah Rusak

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 09 April 2022 00:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 525 2575904 angin-kencang-terjang-majalengka-10-rumah-rusak-KOWNnmhibR.jpg Angin kencang terjang Majalengka. (Foto: BNPB)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka melaporkan sebanyak 10 rumah warga di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, mengalami rusak ringan akibat peristiwa angin kencang disertai hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada Kamis (7/4) sore, pukul 17.30 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan rumah warga yang rusak tersebut berada pada dua desa di Kecamatan Ligung, yaitu Desa Kedungsari dan Kedung Kencana.

“Sebanyak 8 KK atau 27 jiwa terdampak insiden dan tidak ada laporan luka-luka atau pun korban jiwa. BPBD setempat juga melaporkan warga yang rumahnya rusak tidak melakukan pengungsian,” papar Aam dalam keterangan yang diterima, Jumat (8/4/2022).

Baca juga:  Depok Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang Akibatkan Pohon Tumbang Timpa Kabel

Pasca kejadian tersebut BPBD membantu warga yang rumahnya rusak. Sebagian rumah warga yang terdampak angin kencang ini sudah diperbaiki. Di samping itu, petugas BPBD mengingatkan warga terhadap potensi bahaya angin kencang apabila terjadi hujan lebat.

Secara umum wilayah Jawa Barat masih berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Sedangkan esok hari (9/4), prakiraan cuaca di Kecamatan Ligung berpeluang hujan ringan-sedang-petir. Demikian juga pada lusa, Minggu (10/4), hujan dengan intensitas sedang masih berpeluang terjadi di wilayah tersebut.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga. Warga dapat melakukan upaya pencegahan, seperti memangkas ranting-ranting pohon yang ada di sekitar rumah atau memastikan atap rumah terpasang secara kokoh. Untuk warga yang berada di luar, segera berlindung di bangunan yang kuat. Hindari berada di bawah pohon ataupun papan reklame.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini