Share

6 Negara di Asia yang Dipimpin Raja, Ada Tetangga Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 11 April 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 18 2576523 6-negara-di-asia-yang-dipimpin-raja-ada-tetangga-indonesia-sblz1UVrH7.jpg Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz.

JAKARTA - Ada beberapa negara di Asia yang dipimpin oleh raja atau sultan. Sebagian menerapkan sistem pemerintahan monarki absolut, lainnya memiliki sistem monarki konstitusional.

Pada pemerintahan monarki absolut, raja memegang kekuasaan tak terbatas. Ia bertindak sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Sedangkan pada sistem monarki konstitusional, raja berfungsi sebagai kepala negara, sementara kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri.

BACA JUGA: Beredar Foto Menghina Raja Malaysia, Kemlu RI Lakukan Investigasi

Berikut beberapa negara di Asia yang dipimpin raja atau sultan.

1. Malaysia 

Negara tetangga, Malaysia, menerapkan sistem pemerintahan monarki konsitusional. Kekuasaan rajanya, yang bergelar Yang Dipertuan Agong, dibatasi oleh konstitusi. Selain itu, Malaysia adalah negara federasi yang terdiri dari 13 negara bagian. Raja Malaysia saat ini adalah Yang Dipertuan Agong Al Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al Mustafa Billah Shah, yang merupakan Sultan Pahang.

2. Brunei Darussalam 

Brunei Darussalam adalah negara di Asia Tenggara yang menganut sistem pemerintahan monarki absolut. Negara ini memiliki dasar hukum Islam, dengan pemimpin oleh seorang sultan. Saat ini Sultan Brunei adalah Sultan Hassanal Bolkiah yang naik takhta pada tahun 1967. Ia bergelar Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzadin Waddaulah, Sultan dan Yang Dipertuan Negara Brunei Darussalam.

BACA JUGA: 4 Raja Arab Saudi Paling Lama Memimpin

3. Thailand 

Sebagai negara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional, Thailand dipimpin oleh seorang raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Raja Thailand saat ini adalah Maha Vajiralongkorn. Ia merupakan raja ke-10 dan naik takhta pada tahun 2016. Ia meneruskan kepemimpinan ayahnya, Raja Bhumibol.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

4. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara di Asia Barat yang letaknya di Semenanjung Arab, dengan Laut Merah sebelah barat dan Teluk Arab di sebelah timur. Negara ini menerapkan sistem pemerintahan monarki absolut. Kini Kerajaan Arab Saudi dipimpin oleh Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Ia merupakan Raja Arab Saudi ke-7 dan telah memegang takhta sejak tahun 2015.

5. Bahrain 

Terletak di Asia Barat, Bahrain adalah sebuah negara kepulauan kecil di kawasan Timur Tengah. Negara ini menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional. Raja Bahrain saat ini adalah Raja Hamad bin Isa al-Khalifah. Pada 6 Maret 1999, setelah ayahnya meninggal, Hamad menjadi emir Bahrain atau kepala negara dari 1999 – 2002. Pada tahun 2002, Hamad mengesahkan konstitusi baru dan menyatakan diri sebagai raja.

6. Oman

Oman merupakan negara di Asia Barat Daya yang terletak di pesisir tenggara Jazirah Arab. Dengan nama Kesultanan Oman, negara ini menerapkan bentuk pemerintahan monarki asolut. Pemimpin Oman kini adalah Sultan Haitham bin Thariq al-Said yang naik takhta sejak 2020 lalu. Sultan Haitham merupakan anggota dari Dinasti Al Bu’said, penguasa Oman sejak pertengahan abad ke-18.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini