Share

Curi HP untuk Anak Sekolah Daring, Ibu Ini Dibebaskan Berkat Restorative Justice

Mohamad Chusna, Sindonews · Jum'at 15 April 2022 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 244 2579756 curi-hp-untuk-anak-sekolah-daring-ibu-ini-dibebaskan-berkat-restorative-justice-OpjKkSTACw.jpg Ibu yang curi HP untuk anak sekolah dari dapat restorative justice (Foto: M Chusna)

DENPASAR - Perempuan berinisial KH, tersangka kasus pencurian handphone dibebaskan dari proses hukum di Polres Jembrana, Bali, Jumat (15/4/2022). Ia baru saja mendapat restorative justice.

"Pelaku rela mencuri handphone demi anaknya yang masih sekolah menggunakan sistem daring/ online karena pelaku tidak mempunyai handphone," kata Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP M Reza Pranata.

BACA JUGA:Pasutri Muda Nekat Jadi Komplotan Spesialis Pencurian di Minimarket 

Sebelum mendapat keadilan restoratif, polisi menggelar mediasi antara pelaku dengan korban, NPJ. Mediasi disaksikan Kepala Desa Pengambengan.

Dalam mediasi, KH mengaku khilaf dan meminta maaf kepada korban. Dia juga berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Mendengar pernyataan itu, NPJ berbesar hati memaafkan KH. "Korban iba melihat kondisi pelaku yang terpaksa mencuri demi pendidikan seorang anak," ujar Reza.

Kasus pencurian itu bermula ketika KH belanja di warung Juli di Pengambengan, Februari 2022 lalu. Saat itu dia melihat satu unit handphone korban di atas meja warung dan langsung mengambilnya.

BACA JUGA:Sempat Viral, Kasus Pencurian Anjing Ras di Tanjung Priok Berakhir Damai 

Polisi yang menerima laporan korban lalu menangkap pelaku. Dia disangka Pasal 362 KUHP tentang pencurian dan tidak ditahan.

Usai mendapat restorative justice dan dibebaskan, polisi memberikan bantuan kepada pelaku untuk bisa membantu kondisi keluarganya. "Semoga dengan kejadian ini, kita dapat mengambil hikmahnya," tutup Reza.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini