Share

Berpotensi Alami Letusan, Status Gunung Ruang Dulut Dinaikkan Menjadi Waspada

Bachtiar Rojab, MNC Media · Minggu 17 April 2022 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 340 2580324 berpotensi-alami-letusan-status-gunung-ruang-dulut-dinaikkan-menjadi-waspada-giczdjva73.jpg

JAKARTA – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan peningkatan level Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara menjadi status Waspada.

Langkah itu diambil menyusul adanya peningkatan terutama gempa-gempa Vulkanik Dalam di Gunung Ruang sejak 7 April 2022. Hasil tersebut berdasarkan pemantauan terkini secara visual sejak 1-16 April 2022, yang menunjukan gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

BACA JUGA: Status Gunung Ruang di Sulut Naik Level II Waspada

Menurut keterangan Badan Geologi ESDM, gempa Vulkanik Dalam (VA) ini terjadi akibat intrusi magma dari dalam dan mengindikasikan peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Ruang pada saat ini.

"Peningkatan aktivitas vulkanik ini berpotensi untuk diikuti letusan meskipun tidak dapat dipastikan kejadiannya Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental," demikian diumumkan Badan Geologi ESDM dalam keterangan pers yang dikutip MPI, Minggu (17/4/2022).

BACA JUGA: Gunung Raung Erupsi, Kabupaten Banyuwangi Mulai Dihujani Abu Vulkanik

Lebih lanjut, dengan adanya potensi tersebut pihak Badan Geologi ESDM menaikan level Gunung Ruang menjadi waspada.

"Mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka terhitung mulai tanggal 16 April 2022 pukul 13.00 WITA tingkat aktivitas G. Ruang dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada)," jelasnya.

Oleh sebab itu Badan Geologi mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak memasuki Gunung Ruang pada radius 1,5 km dari kawah/puncak dan sektoral 2,5 km sektor timur, tenggara, selatan dan barat daya.

Masyarakat juga diimbau menyiapkan masker guna antisipasi bahaya abu vulkanik. Kendati demikian, masyarakat di area Gunung diharapkan selalu tenang dengan menunggu arahan dari pemerintah.

Dianjurkan, masyarakat terus memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun rekomendasi Gunung Ruang setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di google Play Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini