Share

Terobsesi dengan Ponsel Pengunjung, Gorila Ini Terancam Terluka Akibat Dilompati Primata Lain

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 22 April 2022 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 18 2583394 terobsesi-dengan-ponsel-pengunjung-gorila-ini-terancam-terluka-akibat-dilompati-primata-lain-T9qcdGsNgw.jpg Gorila remaja terobsesi dengan ponsel milik pengunjung kebun binatang (Foto: Times Now)

CHICAGO - Pengunjung kebun binatang Chicago telah diminta untuk menyimpan telepon selular (ponsel) mereka ke dalam tas atau saku setelah seekor gorila "dilompati" oleh primata raksasa lainnya saat dia menatap layar ponsel pengunjung.

Menurut laporan, Amare, 16, bisa terancam terluka oleh gorila lain saat dia sedang asyik melihat ponsel pengunjung.

Chicago Sun Times melaporkan Amare, yang tinggal di Kebun Binatang Lincoln Park, "sepertinya tidak memperhatikan" apa yang terjadi.

Staf di kebun binatang sekarang sangat ingin mencegah hal itu terjadi lagi, dan sedang melakukan upaya untuk mengurangi waktu menonton Amare.

 Baca juga: Ozzie, Gorila Jantan Tertua di Dunia Mati di Kebun Binatang Atlanta

"Kami semakin khawatir bahwa terlalu banyak waktunya diambil untuk melihat-lihat foto orang, kami benar-benar lebih suka dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman pasukannya belajar menjadi gorilla,” terang Stephen Ross, Direktur Pusat Studi dan Konservasi Kera di Kebun Binatang Lester E. Fisher.

 Baca juga: Kisah Gorila Menyelinap Masuk ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Menakut-nakuti Kru

Adalah umum bagi gorila untuk bertindak agresif untuk "menunjukkan siapa bosnya", tetapi dikhawatirkan Amare bisa terluka jika dia terus terpaku oleh layar di luar kandangnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Sayangnya hal itu diperhatikan oleh manusia lain, dengan beberapa pengunjung sekarang mencoba untuk mendapatkan perhatian gorila menggunakan layar ponsel.

"Ini mungkin fenomena siklus, semakin dia menunjukkan minat semakin banyak orang ingin terlibat di dalamnya. Ini adalah sesuatu yang kami perhatikan dan telah banyak dibicarakan dalam hal strategi untuk mengatasinya,” lanjutnya.

Pihak kebun binatang pun langsung beraksi dengan memasang penghalang tali baru untuk menahan pengunjung, dan siapa pun yang terlihat menunjukkan kepada Amare ponsel mereka akan diajak bicara.

"Amare menyadari bahwa tidak benar-benar layak baginya untuk duduk di sana di sudut itu, menunggu seseorang untuk datang dan menunjukkan telepon mereka,” ungkap Ross kepada Chicago Tribune.

Studi menunjukkan waktu layar yang berlebihan pada remaja dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental, dan para ahli mengatakan ini sama untuk gorila.

Ross mengatakan alasan untuk membatasi waktu layar untuk remaja manusia dan gorila "tidak terlalu berbeda".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini