Share

Bill Gates Bahas Kerja Sama dengan Panglima Angkatan Darat Pakistan, Berantas Polio

Susi Susanti, Okezone · Minggu 01 Mei 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 18 2588045 bill-gates-bahas-kerja-sama-dengan-panglima-angkatan-darat-pakistan-berantas-polio-I6SWBw8Gfl.jpg Panglima Angkatan Darat Pakistan dan miliarder Bill Gates (Foto: Twitter)

PAKISTAN - Panglima Angkatan Darat Pakistan yang berpengaruh, Jenderal Qamar Javed Bajwa, telah mengadakan percakapan telepon dengan miliarder filantropis Bill Gates, meyakinkannya bahwa Islamabad berkomitmen bekerja sama dengan yayasan pendiri Microsoft dalam memberantas polio dan inisiatif kesehatan global lainnya.

Dalam panggilan telepon yang terjadi pada Jumat (29/4), Gates memuji Angkatan Darat Pakistan karena mendukung upaya polio negara itu dan memastikan jangkauan dan cakupan yang tepat.

Menurut pernyataan Humas Antar Dinas pada Sabtu (30/4), Bajwa mengatakan sangat menghargai semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut.

Gates juga memuji upaya Pakistan dalam memerangi pandemi Covid-19, karena Bajwa sekali lagi mengaitkannya dengan “tanggapan nasional sejati” oleh berbagai lembaga. Panglima militer memuji upaya kesehatan global Gates, dan meyakinkan filantropis tentang “kerja sama yang berkelanjutan.”

Baca juga:  Bill Gates Ingatkan Pandemi Covid-19 Ancaman Manusia, Pengendaliannya Perlu Diprioritaskan

Pada Selasa (26/4), Perdana Menteri (PM) yang baru terpilih, Shehbaz Sharif, juga melakukan percakapan telepon dengan filantropis miliarder, menerima jaminan bahwa Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) akan terus mendukung pemerintah Pakistan untuk membantu memastikan bahwa tidak ada anak yang berisiko lumpuh karena polio.

Baca juga:  Sejarah Hari Polio Sedunia yang Diperingati Setiap 24 Oktober

Negara itu telah berjalan lebih dari setahun tanpa satu kasus polio baru – suatu prestasi yang dipuji Gates setelah melakukan perjalanan ke Islamabad untuk bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan saat itu Imran Khan pada Februari – tetapi pada bulan April para pejabat mengkonfirmasi dua infeksi baru dalam 15 bulan.

Parlemen Pakistan memilih Sharif sebagai PM pada bulan lalu, setelah Khan digulingkan dalam mosi tidak percaya. Khan telah mengklaim bahwa kabinetnya digulingkan dalam plot yang diatur oleh AS dan bahwa Pakistan diserahkan kepada "pemerintah impor yang dipimpin oleh penjahat."

Pakistan telah mengalami perjuangan berat untuk menyuntik anak-anak terhadap polio, sebagian karena konspirasi anti-vaksinasi. Militan telah menargetkan petugas kesehatan masyarakat, dan polisi yang melindungi mereka, untuk mengganggu upaya vaksin. Seorang pekerja wanita yang memberikan suntikan polio di barat laut Pakistan ditembak dan dibunuh pada Maret lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini