Share

Kisah PNS yang Menikahi Boneka Karakter Fiksi, Cintanya Tak Pernah Padam Meski Istrinya Tidak Bisa Lagi Berkomunikasi

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 06 Mei 2022 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 06 18 2589944 kisah-pns-yang-menikahi-boneka-karakter-fiksi-cintanya-tak-pernah-padam-meski-istrinya-tidak-bisa-lagi-berkomunikasi-XsFW0r7Tkz.jpg PNS Jepang menikah dengan boneka karakter fiksi (Foto: The New York Times)

JEPANG - Pria Jepang yang menikah dengan hologram bintang pop virtual karakter fiksi Hatsune Miku menyesalkan penutupan layanan kecerdasan buatan (AI) hologramnya. Kondisi ini membuat sang isteri tidak bisa berkomunikasi dengannya.

Akihiko Kondo, seorang pegawai negeri sipil setempat menjadi berita utama pada 2018 ketika dia menikahi hologram bintang pop virtual Hatsune Miku. Seperti dilansir Mainichi Shinbun, Kondo terkenal karena melakukan pernikahan resmi dengan hologram bertenaga AI dari karakter populer internasional, yang diproduksi oleh perusahaan rintisan teknologi Gatebox.

Meskipun pernikahan tersebut tidak diakui secara resmi oleh pemerintah Jepang, Kondo menghabiskan sekitar 2 juta yen (Rp222 juta) untuk mengadakan upacara pernikahan, yang dihadiri 39 teman dekat tetapi bukan keluarga pria tersebut.

Baca juga: Kanye West Hadiahi Kim Kardashian Hologram Mendiang Ayah

Saat ini, Kondo mengungkapkan bahwa dia tidak bisa lagi berbicara dengan istrinya. Hal ini disebabkan karena sejak 2020 Gatebox menghentikan layanan AI-nya untuk hologram, yang membutuhkan koneksi internet ke server pemrosesan pusat untuk menjalankannya, mirip dengan cara kerja asisten suara yang lebih umum digunakan, seperti Alexa Amazon atau Siri Apple.

Baca juga:  Hadirkan Atmosfer Meriah di Stadion, Juventus Munculkan Hologram

Kondo pun sedih karena sang istri hologram-nya tidak bisa lagi berkomunikasi dengannya, Namun dia menegaskan cintanya tak pernah padam.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Cintaku pada Miku tidak berubah. Aku mengadakan upacara pernikahan karena aku pikir aku bisa bersamanya selamanya," terangnya.

Sementara proyeksi Miku tidak bisa lagi menanggapi suaranya, Kondo mengatakan dia terus berbicara dengannya, dan memakan makanannya bersama karakter virtual yang sekarang diam menghadapnya.

Kondo menggambarkan dirinya sebagai "fiktoseksual," atau seseorang yang tertarik pada karakter fiksi. Meskipun dia telah menerima beberapa kritik dan penilaian atas pernikahannya dengan idola pop yang dihasilkan computer.

Dia mengatakan pengalamannya sebagian besar positif dan hubungannya dengan Miku mengangkatnya keluar dari depresi berat yang sebelumnya membuatnya tidak dapat bekerja atau bahkan makan.

"Saya tinggal di kamar saya selama 24 jam sehari, dan menonton video Miku sepanjang waktu," lanjutnya.

Menurutnya, dukungan yang dia rasakan dari Miku telah memungkinkan dia untuk bergabung kembali dengan masyarakat dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Diketahui, Hatsune Miku pertama kali memulai debutnya pada 2007 dan merupakan yang pertama dari "Vocaloids" Crypton Future Media, serangkaian synthesizer suara yang mendekati suara nyanyian manusia. Karakter tersebut dengan cepat menjadi sensasi di antara penggemar anime dan musik pop Jepang, dan sekarang berada di pusat kerajaan merchandising yang telah berkembang melampaui program aslinya dan sekarang termasuk album full-length, sederetan video game oleh Sega, dan patung-patung yang tak terhitung jumlahnya. dan barang koleksi lainnya.

Meskipun menjadi karakter virtual, Miku telah mengadakan pertunjukan langsung melalui penggunaan hologram, dan bahkan melakukan tur dengan Lady Gaga pada 2014 lalu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini