Share

Gerhana Bulan Penuh Akan Terjadi 16 Mei, Negara Mana Saja yang Bisa Menyaksikan?

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 10 Mei 2022 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 18 2591781 gerahana-bulan-penuh-akan-terjadi-16-mei-negara-mana-saja-yang-bisa-menyaksikan-VjUAkqQJBA.jpeg Gerhana bulan total. (Foto: Freepik)

LONDON – Gerhana bulan total akan dapat dilihat di beberapa bagian bumi pada 16 Mei 2022. Gerhana bulan total adalah fenomena yang terjadi saat bulan melewati bayangan bumi.

Dilansir dari Guardian, fenomena ini terjadi dalam beberapa tahap, yang pertama adalah fase penumbra, dimana meski sebagian besar cahaya matahari terhalang, beberapa sinar masih dapat mencapai bulan. Hal ini menciptakan efek penggelapan halus yang dapat dengan mudah luput dari perhatian.

Tahap kedua adalah fase umbra, saat kita bisa melihat bagian bayangan Bumi melintas di permukaan bulan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Fase umbra kemudian diikuti dengan fase gerhana penuh, ketika bulan tampak berubah menjadi merah tembaga. Ini karena atmosfer bumi membelokkan sebagian cahaya matahari ke arahnya.

Gerhana bulan penuh ini akan dapat disaksikan di Inggris, Amerika Tengah, dan wilayah timur Amerika Utara. Namun, penduduk di Australia tidak akan bisa menyaksikan fenomena ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini