Share

Ferdinand Marcos Jr Menangi Pemilu, AS Akan Perkuat Hubungan dengan Filipina

Agregasi VOA, · Jum'at 13 Mei 2022 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 18 2593335 ferdinand-marcos-jr-menangi-pemilu-as-akan-perkuat-hubungan-dengan-filipina-xmIlnwif4I.jpg Presiden Filipinan terpilih, Ferdinand Marcos jr (foto: Reuters)

AMERIKA - Amerika Serikat memberikan ucapan selamat kepada Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr. atas kemenangannya dalam pemilu sebagai pemimpin mendatang Filipina.

Oleh karena itu, Departemen Luar Negeri AS menyatakan, akan memperkuat aliansi lama antara kedua negara sambil terus memajukan dihormatinya HAM dan supremasi hukum.

 BACA JUGA:Menang di Pilpres Filipina, Intip Kekayaan Keluarga Ferdinand Marcos Jr! Anak Diktator yang Jadi Presiden Terpilih

Deputi Asisten Menteri Luar Negeri, Jung Pak berbicara kepada VOA mengenai tinjauannya terkait KTT Khusus AS-ASEAN mendatang di Washington.

Para pemimpin dari 10 negara anggota ASEAN dijadwalkan untuk berpartisipasi, kecuali presiden Filipina Rodrigo Duterte yang akan segera mengakhiri masa jabatannya dan pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing.

 BACA JUGA:Putra Diktator Ferdinand Marcos Raih Kemenangan Telak di Pilpres Filipina

Pak mengatakan, bahwa AS akan terus “menjajaki berbagai jalan” untuk menekan junta Myanmar “dengan berbagai cara” agar negara itu dapat “kembali ke jalur demokrasi.” Kudeta militer menggulingkan pemerintah sipil pada Februari tahun lalu.

Ketika ditanya mengenai laporan bahwa Marcos akan mengesampingkan putusan tahun 2016 dari Pengadilan Arbitrase Tetap di Den Haag yang menyangkal klaim kedaulatan Beijing atas Laut China Selatan, Pak mengatakan ia tidak akan “berprasangka” pada agenda Marcos.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini