Share

G7 ke Taliban: Berhenti Batasi Hak-Hak Wanita dan Hormati HAM

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 13 Mei 2022 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 18 2593412 g7-ke-taliban-berhenti-batasi-hak-hak-wanita-dan-hormati-ham-8uI0ceYpFV.jpg G7 minta Taliban stop membatasi hak-hak perempuan (Foto: Reuters)

PARIS - Menteri luar negeri Kelompok Tujuh (G7) pada Kamis (12/5/2022) mengatakan meningkatnya pembatasan yang diberlakukan oleh Taliban pada hak-hak perempuan dan anak perempuan di Afghanistan mengisolasi negara itu.

“Dengan langkah-langkah ini, Taliban semakin mengisolasi diri mereka dari komunitas internasional,” kata menteri luar negeri G7 dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa.

Dalam sebuah pernyataan bersama yang diterbitkan oleh Prancis, mereka meminta Taliban untuk mengambil tindakan segera untuk mencabut pembatasan pada perempuan dan anak perempuan dan menghormati hak asasi mereka.

 Baca juga: Diprotes, Taliban Tetap Tegakkan Aturan Hijab

Taliban, yang kembali berkuasa ketika pemerintah Afghanistan runtuh tahun lalu, pada Sabtu (7/5/2022) memerintahkan perempuan untuk menutupi wajah mereka di depan umum, dalam langkah lain menuju kekuasaan garis keras masa lalu mereka.

Baca juga: Taliban Wajibkan Perempuan Tutupi Wajah Mereka di Tempat Umum 

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini