Share

Inggris Sebut 4 Pria Terinfeksi Cacar Monyet Langka di London

Tim Okezone, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 18 2595216 inggris-sebut-4-pria-terinfeksi-cacar-monyet-langka-di-london-49kGGc9eqW.jpg Penyakit cacar monyet langka/CDC

LONDON - Otoritas Kesehatan Inggris mengatakan mereka telah mengidentifikasi empat kasus langka dan tidak biasa dari penyakit cacar monyet di antara pria yang tampaknya terinfeksi di London.

Dikutip dari SCMP, keempat pria ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara Afrika di mana penyakit seperti cacar itu endemik di sana.

Dalam sebuah pernyataan, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan penyelidikan telah dimulai tentang bagaimana keempat pria ini terinfeksi dan apakah mereka memiliki hubungan satu ama lain.

Tiga dari pria itu berada di London dan satu di timur laut Inggris. Semua laki-laki dan mengidentifikasi dirinya sebagai gay, biseksual, atau laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Sebelumnya, pekan lalu Inggris melaporkan tiga kasus cacar monyet, termasuk dua orang yang tinggal di rumah yang sama dan yang lainnya pernah bepergian ke Nigeria, di mana penyakit itu endemik pada hewan.

"Bukti menunjukkan bahwa mungkin ada penularan virus cacar monyet di masyarakat, menyebar melalui kontak dekat," kata Dokter Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis untuk Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

"Kami secara khusus mendesak pria gay dan biseksual untuk waspada terhadap ruam atau lesi yang tidak biasa dan segera menghubungi layanan kesehatan seksual," tambahnya.

Diketahui cacar monyet adalah penyakit virus yang biasanya menyebar dengan menyentuh atau digigit oleh hewan liar yang terinfeksi seperti tikus atau tupai di Afrika bagian barat dan tengah.

Cacar monyet tidak diketahui sebagai penyakit menular seksual

Pihak berwenang Inggris mengatakan karena lonjakan kasus baru-baru ini dan ketidakpastian tentang bagaimana cacar monyet ditularkan, mereka bekerja dengan rumah sakit dan mitra internasional untuk melihat apakah ada peningkatan serupa dalam kasus di tempat lain.

Pakar kesehatan masyarakat mengatakan dokter yang merawat pasien yang mengalami ruam tanpa diagnosis alternatif yang jelas harus mencari saran spesialis.

Mereka mengatakan risiko terhadap populasi umum rendah dan pasien yang terinfeksi menerima perawatan spesialis di London dan Newcastle.

Petugas sedang menelusuri mereka yang pernah kontak dengan kasus cacar monyet, termasuk penumpang pesawat.

Gejala awal cacar monyet termasuk demam, nyeri otot, kedinginan dan kelelahan. Dalam kasus yang lebih parah, ruam dapat berkembang, seringkali pada wajah dan alat kelamin, yang menyerupai yang terlihat pada cacar air dan cacar.

Kebanyakan orang sembuh dari penyakit dalam beberapa minggu

(bul)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini