Share

Virus Langka Menyebar di Eropa, Potensi Wabah Cacar Monyet

Susi Susanti, Okezone · Kamis 19 Mei 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 18 2596591 virus-langka-menyebar-di-eropa-potensi-wabah-cacar-monyet-nofPs42dv2.jpg Virus langka menyebar di Eropa (Foto: AFP)

SPANYOL - Otoritas kesehatan di Spanyol telah mengeluarkan peringatan tentang potensi wabah cacar monyet – infeksi virus yang langka dan tidak dapat disembuhkan – di Madrid. Peringatan tersebut mengikuti wabah serupa di Inggris dan Portugal, dan semua pasien Spanyol adalah pria gay.

Kementerian Kesehatan Spanyol mengirim peringatan kepada otoritas kesehatan regional pada Selasa (17/5/2022), setelah pejabat kesehatan di Madrid mencatat delapan kasus dugaan cacar monyet. Sampel telah dikirim ke Pusat Nasional Mikrobiologi Spanyol untuk diagnosis pasti.

“Secara umum, monkeypox menyebar melalui transmisi pernapasan, tetapi karakteristik dari delapan kasus yang dicurigai mengarah pada kontak cairan,” kata juru bicara departemen kesehatan regional Madrid kepada Guardian.

Baca juga: Inggris Sebut 4 Pria Terinfeksi Cacar Monyet Langka di London

“Kedelapan kasus yang dicurigai di Madrid adalah di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Mereka baik-baik saja tetapi penyakit ini memerlukan perawatan di rumah sakit,” lanjutnya.

Baca juga: Inggris Laporkan Kasus Infeksi Cacar Monyet Langka

Monkeypox mirip dengan cacar manusia, yang diberantas pada 1980. Gejala awalnya sama dengan cacar air pada manusia. Yakni demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, dan kelelahan. Ruam sering dimulai pada wajah dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tidak ada obat untuk cacar monyet, meskipun kebanyakan pasien mengalami gejala ringan dan sembuh dalam beberapa minggu.

Wabah Spanyol mengikuti kelompok infeksi serupa di Inggris dan Portugal. Sekitar 20 kasus yang diduga cacar monyet ditemukan di antara laki-laki muda di dekat Lisbon minggu ini, sementara wabah serupa di Inggris pertama kali diketahui awal bulan ini.

Pada Senin (16/5/2022), Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah mengkonfirmasi tujuh kasus cacar monyet, dengan empat kasus terbaru semuanya melibatkan pria gay atau biseksual.

Cacar monyet adalah endemik di beberapa bagian Afrika Barat dan Tengah. Penyakit ini berasal dari hewan liar yang terinfeksi seperti tikus, tikus, dan tupai. Menurut UKHSA, kasus pertama di Inggris melibatkan seorang pasien dengan riwayat perjalanan baru-baru ini dari Nigeria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini