Share

119 Pengungsi Rohingya di Aceh Dipindahkan ke Riau

Antara, · Kamis 19 Mei 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 340 2597037 119-pengungsi-rohingya-di-aceh-dipindahkan-ke-riau-lUUU7GHKmJ.jpg Pengungsi Rohingya (foto: dok Reuters)

PEKANBARU - Sebanyak 119 orang pengungsi asal Rohingya yang sebelumnya ditempatkan di tempat penampungan sementara Balai Latihan Kerja (BLK) Gampong Meunasah Mee Aceh, telah dipindahkan ke Pekanbaru, Riau Kepulauan, pada Rabu 18 Maret 2022.

Pelaksana Harian Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau, Irwanto menyatakan kesiapan mereka dalam mengawal dan mengawasi pengungsi Rohingya yang akan dipindahkan ke Pekanbaru.

"Seluruh pengungsi diharapkan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum serta dapat mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia. Walaupun warga asing tersebut adalah pengungsi, bukan berarti mereka akan kebal hukum. Apabila melakukan tindak pidana, akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku di negara kita," katanya.

 BACA JUGA:450 Pengungsi Rohingya Ditahan Setelah Rayakan Idul Fitri di Pantai

Untuk itu, katanya lagi, kami minta seluruh pengungsi agar hidup secara baik dan tertib.

Proses pemindahan mereka didampingi petugas yang berwenang dan diberangkatkan dalam dua hari yang berbeda dengan empat penerbangan yang berbeda pula.

Kelompok terbang pertama yang berangkat pada 18 Mei 2022 dibagi menjadi dua penerbangan, sementara yang kedua yang berangkat pada 19 Mei 2022 dibagi menjadi dua penerbangan lain.

 BACA JUGA:Kisah Sedih Warga Rohingya saat Ramadan, Tak Berani Salat Tarawih di Masjid!

Tim Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau bersama dengan jajaran Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru langsung menuju Bandara Sultan Syarif Qasim II di Pekanbaru untuk mengawasi kedatangan rombongan pertama pengungsi Rohingya yang tiba pada Pukul 08.40 WIB.

Selain petugas negara di Pekanbaru, juga ada perwakilan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) bersama dua orang petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhoksumawe dan dua orang petugas Rudenim Medan yang membawa 30 orang pengungsi Rohingya.

Pengungsi kemudian diarahkan menuju ke Akomodasi D’Cops 2 Pekanbaru menggunakan dua bus. Petugas Rudenim Pekanbaru kemudian mendaftarkan mereka berupa pengambilan sidik jari, foto, dan tinggi badan.

Selanjutnya pada pukul 15.00 WIB, sebanyak 25 pengungsi Rohingya dari Aceh kembali tiba pada gelombang kedua, dan juga dilakukan pendataan oleh Rudenim Pekanbaru di Akomodasi D’Cops 2 Pekanbaru. Namun berbeda dengan WNA lain, pengungsi tidak akan langsung dideportasi apabila melakukan kesalahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini