Share

Batu Berukir Penis Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Dekat Tembok Kaisar Romawi

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 27 Mei 2022 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 18 2601492 batu-berukir-penis-berusia-1-800-tahun-ditemukan-di-dekat-tembok-kaisar-romawi-xtj9h8WIsv.jpg Batu berukir gambar penis yang ditemukan di dekat Tembok Hadrian. (Foto: Vindolanda Charitable Trust)

LONDON - Seorang arkeolog amatir dibuat bingung setelah menggali puing masa Romawi kuno yang berisi hinaan dengan gambar alat kelamin di dekat Tembok Hadrian.

Tembok Hadrian adalah tembok pertahanan yang dibangun Kaisar Romawi Hadrian pada 122 Masehi di Inggris utara. Tembok itu dibangun untuk melindungi Inggris, yang saat itu merupakan provinsi Romawi Britannia dari serangan suku-suku dari utara.

BACA JUGA: Legiun Kesembilan, Pasukan Elit Romawi yang Hilang Misterius di Tanah Inggris

Pensiunan ahli biokimia Dylan Herbert menggali lempengan batu, berukuran sekira 40cm x 15cm, di benteng tambahan Vindolanda dekat Hexham yang tidak hanya memiliki gambar kasar penis yang diukir di atasnya, tetapi juga tulisan yang agak kasar.

Di atas simbol penis, yang sering digunakan pada zaman Romawi sebagai tanda keberuntungan atau kesuburan, tertulis kata 'secvndinvs cacor' yang diterjemahkan sebagai 'Secundinus si brengsek'.

Dr Andrew Birley, direktur penggalian dan kepala eksekutif Vindolanda Trust, mengatakan tentang penemuan grafiti yang menakjubkan itu: “Penulisnya jelas memiliki masalah besar dengan Secundinus dan cukup percaya diri untuk mengumumkan pemikirannya secara terbuka di atas sebuah batu.

“Saya tidak ragu bahwa mereka akan kurang terhibur melihat ini,” katanya sebagaimana dilansir Mirror.

BACA JUGA: Tembok 117 KM Peninggalan Memukau Romawi di Inggris

“Pemulihan sebuah prasasti, pesan langsung dari masa lalu, selalu merupakan peristiwa besar dalam penggalian Romawi, tetapi yang satu ini benar-benar membuat kami heran ketika kami menguraikan pesannya.

“Ini menunjukkan sesuatu yang kekanak-kanakan seperti grafiti yang terjadi saat itu dan mudah-mudahan kita sekarang akan menemukan tanggapan dari Secundinus.”

Para ahli menduga batu itu berasal dari sekitar abad ke-3 Masehi, yang tidak lama sebelum Vindolanda ditinggalkan pada 370 M.

Orang yang menemukan tulisan tak senonoh itu awalnya mengira itu hanya batu biasa… sebelum dia membaliknya.

Penggali sukarela Dylan menjelaskan: “Saya telah membuang banyak puing sepanjang minggu dan sejujurnya batu ini menghalangi jalan saya, saya senang ketika diberi tahu bahwa saya dapat mengeluarkannya dari parit.

“Itu tampak dari belakang seperti yang lainnya, batu yang sangat biasa, tetapi ketika saya membaliknya, saya terkejut melihat beberapa huruf yang jelas.

"Hanya setelah kami menghilangkan lumpur, saya menyadari sepenuhnya apa yang telah saya temukan, dan saya benar-benar senang."

Ini bukan ukiran penis pertama yang ditemukan di situs tersebut. Setidaknya 13 lainnya telah ditemukan di sepanjang Tembok Hadrian, yang membentang dari Bowness-on-Solway di barat hingga Wallsend di timur. .

Batu itu sekarang sedang dibersihkan di laboratorium dan akan dipajang di Vindolanda tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini