Share

Tanggul Bekas Tambang Jebol, Rumah Warga Terendam Air

Tim Okezone, Okezone · Selasa 31 Mei 2022 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 340 2603225 tanggul-bekas-tambang-jebol-rumah-warga-terendam-air-Luo19DW4El.jpg Proses evekuasi harta benda warga/ Foto: Istimewa

BELITUNG TIMUR - Dua rumah terendam air akibat tanggul bekas tambang Jebol di Desa Jangkar Asam, Kecamatan Gantung, Belitung Timur jebol pada Selasa (31/5/2022).

Komandan PUSDALOPS-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung Timur, Helmi Akbar menyampaikan, dirinya mendapatkan laporan sekitar pukul 07.00 WIB.

"Informasinya ada tanggul jebol yang mengakibatkan dua rumah terendam, korban terdampak 2 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian 8 orang," ujarnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, BPBD Belitung Timur membantu mengevakuasi barang-barang milik warga, dengan mengunakan satu unit ruber boat dan satu unit perahu lipat.

Dia menyampaikan, BPBD Beltim akan berusaha melakukan pemetaan ulang, daerah yang rawan. Setelah itu barulah ditindaklanjuti pada tingkat desa untuk mengkondisikan pada pihak-pihak terkai agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Mengingat ada potensi korban di sini. Peyebabnya ada tanggul jebol, sehingga mengakibatkan air yang ada di tanggul tersebut keluar seketika merendam dua unit rumah," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Jangkar Asam, Fahrizal berpendapat hal ini disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi sehari sebelumnya.

"Karena kan kemarin hujan deras, kemungkinan bekas tambang yang sudah ditingal airnya meluap. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menjelaskan, jika cuaca curah hujan tinggi, di daerah tersebut memang sering terjadi banjir mengingat lokasi tersebut juga bekas galian tambang.

"Ini sebenarnya sudah tidak aktif. Tapi kami akan mencoba berkoordinasi dengan pemilik IUP, ke depanya apakah akan dibuat saluran air agar tidak ada kejadian seperti ini lagi," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini