Share

Menlu RI Bertemu dengan Menlu Saudi Arab Saudi, Apa Saja Kerja Sama yang Dibahas?

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Selasa 07 Juni 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 18 2607180 menlu-ri-bertemu-dengan-menlu-saudi-arab-saudi-apa-saja-kerja-sama-yang-dibahas-44fExYRNof.jpg Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi menggelar pertemuan bersama Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Menlu Retno Marsudi menyatakan selama pertemuan dengan Pangeran Faisal membahas sejumlah beberapa masalah bilateral internasional khususnya di bidang bisnis ekonomi hingga permasalahan haji.

“Kami membahas sejumlah masalah Regional dan internasional isu, Pertama pada kerjasama ekonomi jni , mengalami peningkatan nilai tarif pada tahun 2021 tapi kita mengalami kenaikan yang signifikan bahkan sampai USD 5,5 miliar,” kata Retno dalam keterangan resmi secara virtual, Selasa (7/6/2022)

Baca juga:  Menlu Retno Bertemu Menlu Rusia di China, Bahas Situasi Terkini di Ukraina

Tren positif ini terus tumbuh pada kuartal pertama tahun 2022 untuk lebih meningkatkan perdagangan bilateral kita dan membuatnya lebih seimbang.

Baca juga: Bertemu Presiden Jokowi, Menlu Arab Saudi Bahas Haji hingga Ekonomi

“Kami juga membahas lebih banyak akses ke Komoditas Indonesia, terutama ruang proses minyak sawit mobil penumpang dan ketiganya, dan jelajahi. Bilateral, Jembatan perdagangan,” tambahnya.

Sementara, untuk investasi, Itu juga yang dibicarakan dengan presiden. Dengan begitu, pihaknya telah sepakat untuk mempromosikan, kolaborasi yang lebih kuat antara dana investasi publik Saudi, dan Otoritas Investasi Indonesia.

“Dan saya berharap kita bisa mempercepat implementasi semua rencana investasi. Kami membahas tentang proyek pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia seperti Baterai lithium. Industri, tenaga air dan tenaga api keluaran fisting, tanaman,” tambahnya.

Tak hanya itu, Menlu mengatakan telah membahas sejumlah permaslaahan haji dan sejumlah hal-hal yang berkaitan dengan ibadah dan regulasi haji.

“Dan karena beberapa tahun terakhir tidak ada haji selama pandemi, kami berharap kuota ini mungkin meningkat di tahun-tahun mendatang dan kemudian ketiga pada Mobilitas masyarakat selama pandemi,” katanya.

“Ini adalah jumlah terbesar yang diberikan kepada teman-teman jemaah haji dan saya berharap yang terbaik bagi Saudi dalam menjalankan ibadah haji pada tahun 2022,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini