Share

2 Harimau Surya dan Citra Dilepasliarkan di Taman Nasional Kerinci Seblat

Andika Shaputra, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 340 2608468 2-harimau-surya-dan-citra-dilepasliarkan-di-taman-nasional-kerinci-seblat-BhuYO74Mhu.jpg Foto: @kementerianlhk

JAMBI – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara dan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) bersama Yayasan Parsamuhan Bodichita Mandala Medan (YPBMM), melepasliarkan dua individu harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Taman Nasional Kerinci Seblat, Rabu, 8 Juni 2022.

(Baca juga: Cerita Gubernur Khofifah Bertemu Keluarga Harimau di Gunung Semeru)

Dilansir dari @kementerianlhk, Kamis (9/6/2022) harimau yang dilepasliarkan bernama “Surya Manggala” dan “Citra Kartini” berumur 3,5 tahun. Keduanya dilepas di dua lokasi berbeda yang masuk dalam Zona Inti Taman Nasional Kerinci Seblat.

Hal ini bertujuan untuk menghindari inbreeding atau kawin kerabat yang dapat menurunkan kualitas genetis keturunannya nanti.

Kedua harimau tersebut dipasangi GPS Collar dari Direktorat KKHSG Ditjen KSDAE oleh BBKSDA Sumut dan tim medis. Pemasangan GPS Collar ini bertujuan untuk memantau pergerakan harimau sumatra pasca lepas liar.

Data hasil pemantauan ini sangat penting sebagai bahan evaluasi dan pengelolaan harimau sumatra di habitatnya.

Taman Nasional Kerinci Seblat dipilih sebagai lokasi pelepasliaran karena memiliki pakan cukup bagi harimau sumatera dan dinilai sebagai habitat yang ideal. Lokasi zona inti TNKS pun jauh dari pemukiman masyarakat.

(fmi)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini