Share

Tim Pejuang Kokoh Realisasikan Rumah Layak dan Ramah Disabilitas untuk Keluarga Buruh di Bantul

Karina Asta Widara , Okezone · Jum'at 24 Juni 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 1 2617519 tim-pejuang-kokoh-realisasikan-rumah-layak-dan-ramah-disabilitas-untuk-keluarga-buruh-di-bantul-sTZkc6RblS.jpg Foto: Dok Semen 3 Roda

BANTUL- Rumah bukan sekedar tempat tinggal, namun rumah juga merupakan tempat di mana rasa kasih sayang tumbuh. Nuansa kekeluargaan dan kehangatan itulah yang dirasakan ketika memasuki kediaman keluarga Bapak Jumadi di Desa Gunung Kelir, Pleret, Kabupaten Bantul.

Di rumah kecil tersebut Bapak Jumadi tinggal bersama sang istri tercinta, dua orang anak, dan kakak iparnya yang tunanetra. Sehari-hari Bapak Jumadi bekerja sebagai buruh sementara sang istri membantu dengan berjualan es sembari merawat sang kakak, Bapak Wakijo.

Meskipun dipenuhi suasana kehangatan, tidak dapat dipungkiri kondisi rumahnya cukup memprihatinkan. Rumah tersebut tidak memiliki lantai, hanya tanah yang menjadi alas pijak. Sementara kondisi genteng dan bata sudah banyak mengalami kerusakan parah.

Kondisi ekonomi dan pendapatan yang minim tidak memungkinkan Bapak Jumadi untuk melakukan perbaikan rumah. Beliau juga bercerita tentang keresahannya.

“Karena lantai rumah tidak rata, kakak ipar saya kesulitan untuk beraktivitas atau mengambil air wudhu. Hingga pernah beberapa kali terjatuh.” Tutur Bapak Jumadi.

Beruntung nasib baik datang kepada Bapak Jumadi, beliau menjadi salah satu dari 10 penerima bantuan renovasi rumah melalui program #PejuangKokohSelamanya persembahan dari Semen Tiga Roda. Tahap renovasi rumah Bapak Jumadi sudah rampung, kini rumah renovasi sudah siap untuk diserahterimakan.

Prosesi serah terima berlangsung dengan penuh antusiasme dan rona bahagia. Paula Tobing selaku perwakilan dari PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. membuka prosesi serah terima ini.

“Saat yang telah ditunggu-tunggu, akhirnya pada hari ini peresmian dan serah terima bisa dilakukan. Semoga rumah barunya dapat memberi perlindungan dan kenyamanan bagi keluarga Bapak Jumadi.“ sambut Paula (05/06/2022).

Rumah Bapak Jumadi kini tidak hanya nampak baru namun juga kokoh. Dinding dan atap yang rusak, kini sudah diperbaiki. Ketika masuk ke dalam, rumah juga sudah dilengkapi dengan berbagai perabotan untuk menunjang hidup yang layak.

Tim Pejuang Kokoh juga menciptakan rumah ramah disabilitas, semua ruangan mudah diakses dengan memasang sliding door. Ketinggian lantai juga dibuat rata dan lantai diberi alas agar tidak licin. Guiding blocks atau penunjuk jalan terpasang, sehingga memudahkan Bapak Wakijo beraktivitas di dalam rumah.

“Saya berterima kasih kepada Semen Tiga Roda yang tidak hanya memperbaiki rumah kami, tapi juga membangun fasilitas yang ramah bagi tunanetra seperti saya” ucap Bapak Wakijo penuh rasa syukur.

Kebahagiaan tidak cuma dirasakan oleh keluarga Bapak Jumadi saja, namun juga Kepala Desa Gunung Kelir, Bapak Sapariyanto. Melalui sambungan telpon beliau menyampaikan apresiasi terhadap Semen Tiga Roda karena membantu merenovasi rumah salah satu warganya.

“Tidak hanya bangunan saja, namun perabotan dan akses untuk disabilitas juga disediakan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.” ujar beliau mengakhiri sambungan telepon.

(CM)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini