Share

Sebagai Salah Satu PTS Terbaik, Simak Terobosan Gunadarma Selama Pandemi Covid-19

Karina Asta Widara , Okezone · Jum'at 24 Juni 2022 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 1 2617874 sebagai-salah-satu-pts-terbaik-simak-terobosan-gunadarma-selama-pandemi-covid-19-VWLOFxj9YH.jpg Foto by Pexels

JAKARTA- Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan survei webometrics tahun 2020. Sebagai PTS terbaik ke-6 di Indonesia, tentunya Universitas Gunadarma selalu menghadirkan banyak terobosan dari mahasiswa berprestasi.

Bahkan ketika pandemi Covid-19, universitas ini juga memberikan banyak penemuan baru yang membantu perawatan pasien. Prestasi ini menjadi hal yang membanggakan karena menunjukkan kualitas SDM yang unggulan. Hal ini juga membuktikan bila mahasiswa Indonesia mempunyai kemampuan dan bakat yang berguna bagi banyak orang.

Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik

Perjalanan Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik tidaklah sebentar. Universitas ini didirikan pada 7 Agustus 1981 dan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya hingga saat ini. Penilaian peringkat PTS terbaik dilakukan oleh Webometrics, sebuah lembaga survey asal Spanyol dengan menerapkan empat indikator, yaitu presence, visibility, transparency atau openness, dan excellence atau scholar.

Indikator presence dilihat berdasarkan jumlah halaman domain web utama universitas dengan besar nilai 5 persen. Indikator visibility dinilai berdasarkan jumlah jaringan eksternal yang dikaitkan pada halaman web universitas dengan besaran nilai 50 persen.

Sedangkan indikator transparency atau openness dinilai dari jumlah kutipan berdasarkan 110 authors atau penulis teratas dengan nilai 10 persen. Indikator terakhir yaitu excellence dinilai berdasarkan jumlah makalah yang pernah diterbitkan selama periode lima tahun dengan nilai 10 persen.

 

Terobosan Universitas Gunadarma

Gelar PTS terbaik tidak hanya diberikan pada Universitas Gunadarma tanpa alasan. Universitas yang mempunyai beberapa kampus tersebar di Jabodetabek ini mampu memberikan terobosan baru yang segera bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika masa pandemic covid-19, Universitas Gunadarma mampu memberikan beberapa terobosan penting seperti berikut ini.

Robot ventilator

Terobosan pertama yang berhasil diciptakan oleh Universitas Gunadarma adalah robot ventilator. Ventilator adalah alat bantu pernapasan yang dibutuhkan untuk pasien yang kesulitan bernapas. Alat ini menjadi salah satu alat kesehatan penting selama covid-19 dan keberadaannya sempat langka. Penemuan robot ventilator ini tentu menjadi satu hal yang menggembirakan karena bisa langsung digunakan dan berguna bagi banyak orang.

Proyek robot ventilator ini diinisiasi oleh Insinyur Yohanes Kurnia dan dibantu oleh dokter Bhakti Gunawan dan Profesor Adang Suhendra. Ada tiga fakultas yang terlibat pada proyek ini yaitu fakultas teknik industri, fakultas ilmu komputer, dan fakultas kedokteran. Ketiga instruktur ini dibantu dengan mahasiswa berhasil menciptakan robot ventilator yang bisa langsung diproduksi secara massal untuk memenuhi permintaan jumlah ventilator.

Lalu mengapa diberi nama robot ventilator? Ventilator yang dikembangan oleh mahasiswa Universitas Gunadarma ini bisa dibuat dengan pengatur otomatis. Fitur pada ventilator seperti mengatur frekuensi pernapasan atau respiratory rate dan pengatur tingkat kebutuhan volume oksigen atau tidal volume semuanya dilakukan secara otomatis. Dengan pengaturan otomatis, suplai oksigen pada tubuh pasien bisa disesuaikan dan disinkronkan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Selain itu, robot ventilator ini juga dilengkapi dengan sensor untuk memonitor suplai oksigen yang dihasilkan. Fitur ini memudahkan saat pengecekan tekanan maupun volume oksigen dan juga detak jantung sehingga bisa disesuaikan secara otomatis sesuai kebutuhan pasien. Otomatisasi pada robot ventilator ini membantu menurunkan resiko kegagalan fungsi pada ventilator.

Keunggulan robot ventilator ini tidak hanya terletak pada sistem otomatisnya saja, namun juga pada penggunaan bahan material dan nilai produksi. Ventilator dibuat dengan bahan material produksi dalam negeri sehingga siap diproduksi secara masal. Selain itu, robot ventilator ini juga dibuat dengan sistem knockdown dan low-cost untuk menghasilkan produk yang efisien dan cepat serta murah. Robot ventilator juga dibuat dengan fitur portabel dan ukuran yang kecil sehingga meningkatkan efisiensinya.

Berdasarkan tim pengembang, robot ventilator ini dibuat sebanyak 5 prototipe. Namun model yang dipilih adalah prototipe ke-5. Universitas Gunadarma berharap terus berusaha agar robot ventilator ini bisa mendapatkan sertifikasi standar kesehatan nasional sehingga bisa segera diproduksi secara masal.

 

Powered Air Purifying Respirator

Selain robot ventilator, Universitas Gunadarma juga membuat perangkat kesehatan lain yang selama masa pandemi ini. PAPR atau powered air purifying respirator adalah alat untuk menjernihkan udara. Alat ini adalah modifikasi masker selam yang biasa digunakan oleh tenaga medis.

PAPR digunakan pada APD dan bertujuan untuk memberikan pernapasan yang lebih baik. perangkat masker yang digunakan dilengkapi dengan saluran ekspirasi dan inspirasi serta sensor pendeteksi tekanan. Dengan alat ini, ritme pernapasan bisa disesuaikan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tentu saja aman dari bakteri dan virus.

Gunadarma Technopark

Tidak banyak yang tahu bila Universitas Gunadarma ini juga mempunyai taman berbasis teknologi yang diberi nama UG-Technopark. Technopark ini bersifat holistic integrative yang bertujuan menunjang kegiatan pendidikan, pariwisata, pertanian terpadu, dan pengemabnagn teknologi terpadu. Nantinya UG-technopark ini akan menjadi icon dari Universitas Gunadarma yang multidisiplin ilmu.

Sebagai salah satu PTS terbaik, universitas Gunadarma memang tidak ingin tertinggal dalam hal pendidikan dan teknologi. Terbukti dengan mahasiswa yang selalu ingin membuat terobosan terbaru yang bisa diterapkan langsung di masyarakat.

Robot ventilator dan powered air purifying respirator adalah terobosan penting yang berhasil dicetak oleh Universitas Gunadarma untuk membantu menangani covid-19. Dengan alat ini, pasien covid-19 bisa mendapatkan perawatan terbaik karena sistem ventilator yang dibuat otomatis. Selain itu, alat PAPR juga berguna untuk tenaga medis yang harus menggunakan APD setiap saat.

(CM)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini