Share

Polisi Belgia Gerebek Pabrik Ekstasi di Pangkalan NATO yang Simpan Senjata Nuklir

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 18 2620530 polisi-belgia-gerebek-pabrik-ekstasi-di-pangkalan-nato-yang-simpan-senjata-nuklir-CHYrXCtwTQ.jpg Penjaga gerbang di pangkalan udara NATO Kleine-Brogel, Belgia. (Foto: Wikipedia)

BRUSSELS - Penegakan hukum Belgia telah mengungkap sebuah laboratorium obat-obatan terlarang yang terletak di pangkalan udara NATO Kleine-Brogel di timur laut negara itu, demikian diumumkan polisi Limburg pada Selasa (27/6/2022).

BACA JUGA: Status Siaga Tinggi, Pangkalan Militer AS Siapkan 8.500 Tentara Bergabung dengan Pasukan NATO

Menurut penjelasan pihak berwenang, fasilitas itu ditemukan pada Rabu (22/6/2022) lalu, menambahkan bahwa “rumah yang bertetangga” dengan instalasi itu juga dalam operasi produksi narkotika itu. Laboratorium tersebut telah memproduksi obat sintetis MDMA, yang biasa dikenal sebagai ekstasi.

Dua tersangka, yang bukan personel militer, ditangkap dalam penggerebekan tersebut. Mereka kemudian dibebaskan dalam kondisi tertentu.

BACA JUGA: Hadapi Ancaman Rusia, AS Akan Pertahankan 100.000 Tentara di Eropa untuk Masa Mendatang

Polisi tidak membuat pernyataan tentang kemungkinan tuduhan yang mungkin dihadapi keduanya, demikian diwartakan RT.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Pangkalan udara Kleine-Brogel diyakini menampung persediaan senjata nuklir Amerika Serikat (AS) di bawah program berbagi nuklir NATO. Fasilitas itu telah berulang kali menjadi sasaran para pengunjuk rasa anti-nuklir dan anti-NATO.

Status nuklir pangkalan itu telah menjadi subyek berbagai rumor selama beberapa dekade, tetapi jumlah hulu ledak yang disimpan di fasilitas itu tidak diketahui secara resmi. Pada 2019, seorang anggota parlemen dari Partai Hijau Belgia mengatakan bahwa sekira 10 hingga 20 senjata nuklir disimpan di pangkalan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini