Share

Penampakan Embun Es Dieng yang Kembali Muncul, Suhu Capai Minus 1 Derajat Celcius

Elis Novit, iNews · Kamis 30 Juni 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 512 2620877 penampakan-embun-es-dieng-yang-kembali-muncul-suhu-capai-minus-1-derajat-celcius-Sz2zwVZ9cI.jpg Fenomena embun es di Dieng. (Foto: Elis Novit)

BANJARNEGARA - Fenomena embun es atau embun beku di dataran tinggi Dieng , Banjarnegara, Jawa Tengah kembali muncul. Suhu udara kali ini cukup ekstrem hingga mencapai minus 1 derajat celcius. Embun es muncul di area Wisata Komplek Candi Arjuna.

Embun es muncul pada Kamis (30/6/2022) pagi di dataran tinggi Dieng. Embun-embun di rerumputan terlihat cantik karena membeku menjadi es akibat adanya penurunan suhu yang cukup ekstrem.

Fenomena embun es kali ini kembali muncul dengan ketebalan mencapai setengah centimemer. Embun es muncul di rerumputan dan dedaunan di Komplek Candi Arjuna serta sejumlah failitas umum obyek wisata Dieng.

Kemunculan salju atau embuun es ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Meski udara dingin cukup ekstrem, wisatawan rela menyusuri sudut area di seputaran Candi Arjuna.

Suhu di Dieng saat malam dan dini hari berkisar antara minus 0 derajat celcius hingga minus 1 derajat celcius. Fenomena embun salju ini pun menjadi pemandangan yang cukup unik dan langka.

Fenomena ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada Januari 2022 embun es muncul akibat anomali cuaca yang cukup ekstrem. Uniknya kemunculan embun es hanya ada di sekitar Komplek Candi Arjuna. Embun es ini muncul mulai jam 03.00 dini hari hingga pukul 06.00 pagi.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Bagi yang ingin melihat dan menikmati embun salju, bisa datang ke dataran tinggi Dieng. Namun jangan lupa siapkan jaket tebal dan pakaian pendukung penghangat tubuh karena udara dingin yang cukup ekstrem.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini