Share

Ngeri! Militer Inggris Konvoi Senjata Nuklir di Jalan Raya, Lewati Sekolah hingga Rumah Sakit

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Sabtu 02 Juli 2022 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 18 2622220 ngeri-militer-inggris-konvoi-senjata-nuklir-di-jalan-raya-lewati-sekolah-hingga-rumah-sakit-ILzeFlsW9a.JPG Foto Westmorand Gazette

LONDON - Campaign of Nuclear Disarmament (CND) menunjukan foto-foto bagaimana Militer Inggris melakukan konvoi di jalanan umum. Bakan, laporan mereka menyebutkan konvoi itu jua melewati sekola dan rumah sakit.

Aksi tersebut sontak mendapatkan kecaman warga, dilansir dari LancashireLive, konvoi militer itu melewati M6, sebuah jalanan umum menuju Skotlandia.

Dilaporkan, Truk-truk tersebut telah melewati Kirkham, Preston, Garstand, Lancaster, Kendal, Penrith, dan kemudian Carlisle sebelum menuju ke utara perbatasan.

Menanggapi kemarahan waranya, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan selama lebih dari 50 tahun pengangkutan bahan nuklir dilakukan melalui jalan darat di Inggris, dan tidak pernah ada insiden yang menimbulkan bahaya radiasi bagi publik atau lingkungan.

"Semua operasi konvoi dilakukan oleh personel yang sangat terlatih di bawah kondisi operasional dan prosedural yang ketat," kata kementerian tersebut.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Philip Gilligan, juru bicara Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, telah menyerukan diakhirinya transportasi hulu ledak nuklir di sepanjang jalan di kawasan itu dan di tempat lain. Kelompok itu mengatakan pelacak mereka menunjukkan bahwa rudal Trident Inggris sedang bergerak.

"Setidaknya, kita perlu tahu, jika, dan bagaimana tepatnya, kita dapat mulai melindungi diri kita sendiri dan anak-anak kita dari partikel plutonium dan uranium yang memancarkan alfa yang dapat tersebar jika ledakan terjadi akibat kecelakaan yang melibatkan salah satu dari operator MoD [Departemen Pertahanan] ini?" kata Gilligan.

"Lebih baik lagi, konvoi ini harus disingkirkan dari jalan kita sama sekali. Kita tidak membutuhkan rudal nuklir, dan kita semua akan jauh lebih aman tanpa mereka di jalan kita," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini