Share

Uniknya Tradisi Ngelawang Sambil Pungut Sampah Plastik di Jalan

Ketut Catur Kusumaningrat, iNews · Rabu 06 Juli 2022 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 244 2624537 uniknya-tradisi-ngelawang-sambil-pungut-sampah-plastik-di-jalan-X9rIVJFptv.jpg Tradisi Ngelawang Barong (Foto: Antara)

BALI - Seorang pemuda di Tampaksiring, Gianyar, Bali, dengan kreatifitasnya mengajak anak anak desa setempat untuk melaksanakan tradisi ngelawang barong keliling desa. Namun uniknya mereka sembari ngelawang juga memungut sampah plastik di jalan raya.

Tradisi ngelawang barong di Bali merupakan sebuah rutinitas yang sering dilaksanakan warga Bali pada saat Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Dalam tradisi ngelawang ini biasanya anak-anak desa akan membawa barong untuk menari dan gambelan yang ditabuh dengan mengelilingi desa.

Ketika ngelawang ini, biasanya anak anak akan diberikan upah oleh warga sebagai bentuk apresiasi karena sudah berkeliling sambil menari. Tradisi ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh warga secara turun temurun.

Baca juga: Ikut Tradisi Ngelawang Barong, Siswa SMP Tewas Ditabrak Motor   

Pemuda bernama I Ketut Gede Adi Saputra atau yang sering disapa Adi Siput yang juga seniman tradisional Bali ini mengajak anak-anak di desanya untuk melaksanakan tradisi ngelawang namun dibarengi dengan memungut sampah plastik.

Baca juga: Tradisi Ngelawang di Pantai Sanur Bali 0

Ini didasari oleh permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastic.

Jika biasanya dalam tradisi ngelawang ini warga memberikan upah dengan uang, namun kelompok ngelawang ini mau diupah dengan sampah plastic.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Barong yang dipakai dalam tradisi ngelawang ini juga terbuat dari bahan yang seratus persen daur ulang. Mulai dari plastik hingga koran bekas.

Selain menarik perhatian warga lokal, kegiatan ini juga menarik perhatian wisatawan asing yang tengah berlibur di Bali.

Kegiatan ngelawang sembari memungut sampah plastik ini dilaksanakan sejak enam bulan yang lalu.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan contoh kepada warga untuk bersama sama menjaga kebersihan lingkungan dari cemaran sampah plastik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini