Share

Wujudkan Indonesia Bebas Dengue, Enesis Hadirkan Mobil Edukasi Keliling

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Kamis 07 Juli 2022 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 1 2625227 wujudkan-indonesia-bebas-dengue-enesis-hadirkan-mobil-edukasi-keliling-4qe6dWneM1.jpg Enesis Hadirkan Mobil Edukasi Keliling untuk pencegahan DBD (Foto: Dok Enesis)

Jakarta– Enesis Group berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan menghadirkan program Mobil Edukasi Keliling sebagai bentuk wujudkan Indonesia bebas Dengue. Program Mobil Edukasi Keliling ini untuk memberikan himbauan kepada masyarakat tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pencegahan Dengue melalui PSN 3M Plus.

Kali ini, Enesis menggalakan kampanye “Wujudkan Indonesia Bebas Dengue” yang dilaksanakan sejak Juli hingga nanti puncaknya di Hari Nyamuk Sedunia, 20 Agustus 2022.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Indonesia Ryan Tirta Yudhistira mengatakan sebelum Covid-19, Indonesia sudah memiliki wabah tahunan yang terus ada hingga sekarang, yaitu Demam Berdarah Dengue, diketahui hingga minggu ke 23 di 2022 secara kumulatif terlaporkan 52.313 kasus dan 488 kematian DBD, terlaporkan dari 451 kab/kota di 34 provinsi.

Terkait program Mobil Edukasi Keliling, Enesis telah melakukan seremonial pelepasan Mobil Edukasi ini dilaksanakan pada Selasa, (5/7/2022) yang dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono, Direktur Promosi Kesehatan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyaraka, dr Imran Agus, Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis, Ryan Tirta Yudhistira.

“Untuk tahap awal, mobil edukasi ini akan menyasar Sekolah Dasar, Pasar, RS, MTI dan Ibu-ibu PKK di beberapa kota yaitu, Bandung, Cirebon, Yogya, dan Malang, dan nanti nya secara bertahap kami akan menyasar lebih dari 100 titik di seluruh Indonesia,” ujar Ryan.

Dalam kesempatan yang sama, para hadirin diajak untuk melihat edukasi yang akan diberikan nantinya, salah satunya adalah Uji Ampuh Nyamuk, yang diperagakan oleh Actress & Social Activist, Jihane Elmira.

Uji Ampuh Nyamuk ini memperlihatkan bahwa bila kita menggunakan Soffell, maka nyamuk-nyamuk tidak akan menggigit tangan kita. Wakil Menteri Kesehatan dr.Dante Saksono pun turut berpartisipasi dalam kegiatan Uji Ampuh tersebut

Program Enesis pun mendapatkan dukungan dan apresiasi dari pihak Kementerian Kesehatan, dalam sambutannya Wakil Menteri Kesehatan menyampaikan perlu diupayakan bahwa kesadaran terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini menjadi salah satu yang sangat penting.

“Kementerian Kesehatan dalam hal ini tidak bisa turun sendiri secara eksklusif untuk mengatasi demam berdarah karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat, mobil edukasi dari Enesis ini merupakan salah satu upaya mencegah penularan demam berdarah di masyarakat,” ujar Wakil Menteri Kesehatan.

Ryan memaparkan seperti yang kita ketahui penerapan PHBS bisa dimulai dari hal kecil seperti membiasakan mencuci tangan dalam keseharian, selain menggunakan sabun bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer yang mampu membunuh kuman 99 persen dalam empay detik.

Selain itu, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dapat mengonsumsi makanan sehat dan juga didukung dengan suplemen, seperti untuk memenuhi kebutuhan serat harian bisa mengonsumsi Vegeta Scrubber yang kaya akan serat, prebiotik dan probiotik.

“Dan untuk menjaga daya tahan tubuh, minum Amunizer yang mengandung Vitamin C 1000mg, Zinc, Elderberry, dan beragam Herbal, ” ucap Ryan.

Sedangkan untuk pencegahan dengue melalui PSN 3M Plus, selain menutup, menguras dan memanfaatkan barang bekas, Ryan menjelaskan pentingnya pencegahan yang lain selain 3M, plus nya itu bisa dengan menggunakan obat anti nyamuk.

“Seperti mengoles atau menyemprot Soffell agar terhindar dari gigitan nyamuk sebagai perlindungan diri, Soffell lotion dan spray anti nyamuk tahan 8 Jam, saat ini ada varian baru Soffell Alamia penolak nyamuk dari daun alami, tidak lengket dan terasa sejuk dikulit juga bisa untuk anak-anak. Untuk proteksi dari nyamuk di ruangan, bisa menggunakan aerosol Force Magic dengan Formula 0,30 AE dan teknologi Synergist membunuh nyamuk hingga ke saraf nyamuk sehingga nyamuk mati tidak bangun lagi,” ujar Ryan.

Tak hanya memberikan edukasi, Enesis Group turut memberikan bantuan Antis dan Soffell kepada sekolah-sekolah, selain itu terdapat pemberian dana bantuan kepada anak-anak tidak mampu di sekolah.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini