Share

Rental dan Gandakan Kunci Mobil, Pria Paruh Baya Berhasil Bawa Kabur Pikap

Erfan Erlin, iNews · Minggu 10 Juli 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 510 2626810 rental-dan-gandakan-kunci-mobil-pria-paruh-baya-berhasil-bawa-kabur-pikap-cJo4HAaXVp.jpg Pria yang membawa kabut mobil curian/ Foto: Polisi

BANGUNTAPAN - MG, warga Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul ini diamankan tim Opsnal Polsek Banguntapan. Pria berumur 51 tahun ini diamankan karena mencuri sebuah mobil pikap milik sebuah rental.

 BACA JUGA:Sempat Kesulitan Hadapi Aaron/Soh, Fajar Alfian/Rian Ardianto: Kuncinya Main Santai

Modus yang digunakan adalah dengan melakukan penggandaan kunci mobil. Sebelum mencuri, tersangka yang bekerja sebagai buruh harian lepas itu sempat menyewa pikap yang dicurinya tersebut lalu menggandakan kuncinya.

Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna menuturkan, aksi pencurian pertama kali diketahui ketika karyawan rental mobil mengecek kendaraan yang diparkir di depan kantor di Jalan Ring Road Selatan, Karangturi, Banguntapan.

"Saat dilakukan pengecekan ternyata ada satu unit mobil pikap yang raib," ujar dia, Sabtu (9/7/2022).

 BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Saat Idul Adha 1443 Hijriah, Sebagian Wilayah Indonesia Hujan

Hal tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Banguntapan. Berdasar laporan tersebut, Tim Opsnal Polsek Banguntapan bergerak cepat dengan melakukan olah TKP dan melihat rekaman CCTV.

Polisi juga mengecek daftar penyewa kendaraan seminggu terakhir. Dari olah TKP tersebut, petugas mendapatkan petunjuk yang mengarah ke pelaku dan perkiraan lokasi unit mobil pikap tersebut.

"Selanjutnya petugas melakukan pencarian di sekitar perbatasan Kecamatan Pajangan dan Kasihan," terang dia.

Keberadaan pelaku akhirnya dapat diketahui. Polisi langsung menyusun strategi untuk meringkusnya.

Dan pada hari Kamis (7/7/2022) sekira pukul 11.00 WIB dilakukan penangkapan terhadap pelaku di sebuah bengkel cat mobil di wilayah Kapanewon Pajangan. Lelaki tersebut diduga akan mengubah warna cat.

“Diduga pelaku bermaksud mengubah warna cat mobil pikap tersebut untuk mengelabui pemilik mobil dan petugas kepolisian,” terang Zaenal.

 BACA JUGA:Piala AFF U-19 2022: Keraguan Shin Tae-yong Buat Rabbani Tasnim Termotivasi untuk Tampil Lebih Baik di Timnas Indonesia U-19

Motif pelaku melakukan aksinya adalah karena alasan ekonomi, terlilit utang. Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan satu unit mobil pikap Daihatsu Grandmax warna putih nopol AB 8249 NH dan satu buah kunci duplikat.

Atas perbuatan tersebut, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini