Share

Presiden Melarikan Diri, Sri Lanka Umumkan Keadaan Darurat

Susi Susanti, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 18 2628795 presiden-melarikan-diri-sri-lanka-umumkan-keadaan-darurat-o4hQU85N52.jpg Sri Lanka umumkan keadaan darurat usai Presiden melarikan diri ke luar negeri (Foto: AP)

KOLOMBO - Sri Lanka yang dilanda krisis mengumumkan keadaan darurat nasional pada Rabu (13/7/2022) , beberapa jam setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa meninggalkan negara itu.

"Sejak presiden berada di luar negeri, keadaan darurat telah diumumkan untuk menangani situasi di negara ini," kata juru bicara Perdana Menteri Dinouk Colombage kepada AFP.

Presiden Rajapaksa melarikan diri ke luar negeri ke Maladewa pada Rabu (13/7/2022) pagi, setelah berjanji pada akhir pekan untuk mengundurkan diri dan membuka jalan bagi "transisi kekuasaan yang damai".

Baca juga:  Ini Alasan Terbesar Sri Lanka Bangkrut, Warganya Hidup Menyedihkan

Sebagai presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan, dan dia diyakini ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Baca juga: Berjanji Mundur Hari Ini, Presiden Sri Lanka Malah Kabur ke Luar Negeri

Menurut sumber imigrasi, Presiden, istri dan seorang pengawalnya termasuk di antara empat penumpang di pesawat militer Antonov-32 yang lepas landas dari bandara internasional utama menuju Maladewa.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Paspor mereka dicap dan mereka naik pesawat khusus angkatan udara," kata seorang pejabat imigrasi yang terlibat dalam proses itu kepada AFP.

Sebuah sumber pemerintah dan seseorang yang dekat dengan Rajapaksa mengatakan dia berada di Male, ibu kota Maladewa. Presiden kemungkinan besar akan melanjutkan ke negara Asia lain dari sana. Presiden diketahui belum terlihat di depan umum sejak Jumat (8/7/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini