Share

Tertipu Triliunan Dolar dari Pesan Spam dan Telepon Acak, Kok Bisa?

Tim Okezone, Okezone · Rabu 20 Juli 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 18 2632467 tertipu-triliunan-dolar-dari-pesan-spam-dan-telepon-acak-kok-bisa-vvWYNmriMD.jpg Ilustrasi (Foto : IRS)

JAKARTA - Pesan spam di kotak masuk email atau panggilan terkomputerisasi dengan berbagai penawaran yang, entah menarik atau tidak, sering kita abaikan.

Tapi, siapa sangka praktik semacam itu tetap sukses merugikan orang, usaha, dan lembaga pemerintah, hingga triliunan dolar Amerika Serikat setiap tahun. Banyak korban menanggung depresi dan dampak kesehatan buruk lainnya.

Fenomena tersebut pun menarik perhatian pakar psikolog dan melakukan penelaahan lebih lanjut terkait hal ini. Kenapa orang-orang mudah tertipu di internet?

Sebagaimana dilansir dari BBC, beberapa temuan penelitian mirip dengan hasil penelitian lain, meski sejumlah kajian itu menggugat asumsi dasar soal tindak pidana penipuan.

Pada periode sebelum booming internet, penipuan dilakukan sejumlah kecil pelaku lokal dengan metode tatap muka, barangkali di seminar investasi yang menjanjikan peluang meraih bangunan real estate palsu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini