Share

Menlu Retno: Persiapan KTT G20 Terus Berjalan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 22 Juli 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 18 2634103 menlu-retno-persiapan-ktt-g20-terus-berjalan-P7jTti8aO9.jpeg Menlu Retno Marsudi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Kamis mengatakan bahwa saat ini persiapan KTT G20 terus berjalan.

Salah satu langkah yang dilakukan Retno menjelang pertemuan puncak yang akan berlangsung di Bali pada November 2022 itu adalah saling bertukar catatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai pelaksanaan Pertemuan Menlu G20 awal Juli lalu dan Pertemuan Menkeu G20 yang baru diselenggarakan minggu lalu.

“Dari dua pertemuan tersebut, kita sudah mencoba untuk memulai persiapan KTT G20 secara lebih intensif,” kata dia dilansir Antara, Jumat (22/7/2022).

Menurut Retno, dukungan dari negara-negara G20 terhadap presidensi Indonesia tampak pada saat pelaksanaan kedua pertemuan tingkat menteri tersebut.

“Kita apresiasi dukungan kuat semua negara anggota G20,” ujar dia.

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo Ajak Delegasi KTT Y20 Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, kata Retno, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus berkontribusi dalam upaya menjadikan Asia Tenggara dan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan makmur.

Baca juga: Komitmen RI Menuju Energi Besar Semakin Nyata, Ini Buktinya

“Di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas yang tidak sehat dan semakin lunturnya nilai multilateralisme, Indonesia justru akan lebih giat menjalin kerja sama dan menebarkan spirit solidaritas dan perdamaian,” tutur Retno, menegaskan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai Presiden G20 tahun ini, Indonesia menargetkan seluruh persiapan KTT, yang akan dihadiri pemimpin dari 20 negara dan kawasan ekonomi terbesar dunia itu, rampung pada Oktober 2022.

Persiapan mencakup berbagai bidang, di antaranya infrastruktur dan logistik, protokoler dan keamanan, kesehatan, dan terutama substansi dari pertemuan itu sendiri.

Baca juga: Sandiaga Uno Prediksi Persiapan KTT G20 di Bali Rampung Oktober 2022

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini