Share

Cetak dan Edarkan Uang Palsu, 2 Pelaku Diciduk Polisi

Subhan Sabu, Okezone · Sabtu 23 Juli 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 340 2634818 cetak-dan-edarkan-uang-palsu-2-pelaku-diciduk-polisi-xyRytwPJTI.jpg Polisi tangkap pembuat uang palsu (Foto: Polres Kotambagu)

KOTAMOBAGU - Dua orang pelaku yang diduga membuat menyimpan dan mengedarkan uang palsu dibekuk Tim Resmob Sat Reskrim Polres Kotamobagu.

Kasi Humas Polres Kotamobagu, Iptu I Dewa G Dwiadyana mengatakan kasus ini terungkap dari laporan masyarakat melalui media sosial facebook yang memposting adanya uang palsu.

"Ada pun dua orang pelaku yang diduga mengedarkan uang palsu tersebut yakni RD alias Ron (35) warga Modayag Boltim, dan MFM alias Fad (27) warga Sinindian Kotamobagu," kata Kasi Humas Iptu I Dewa G Dwiadyana, Sabtu (23/7/2022)

Keduanya ditangkap pada Minggu (26/06/2022) pukul 15.00 Wita. MFM di tangkap di rumahnya di Kelurahan Sinindian Kec. Kotamobagu Timur, sedangkan RD ditangkap di kost-kosan Triple-X Kelurahan Mogolaing.

Baca juga: Pengen Punya Iphone 7, Pemuda Ini Nekat Beli Pakai Uang Palsu

"Kedua orang ini memiliki peran yang berbeda yakni RD bertugas sebagai pembuat uang palsu, sedangkan MFM bertugas menyimpan dan mengedarkan uang palsu tersebut," ujar Iptu I Dewa G Dwiadyana

Dari tangan keduanya diamankan barang bukti yakni Printer Canon satu buah, Clear Spray Paint satu buah, kertas HVS sebanyak satu rim, penggaris, gunting, pisau cutter tiga buah, uang palsu pecahan 100.000 sebanyak tiga lembar, uang palsu pecahan 50.000 sebanyak dua lembar serta Setrika listrik.

Baca juga: Jual Uang Palsu di Medsos, Pria Ini Ditangkap Polisi

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Modus Operandi kasus ini adalah RD membuat atau mencetak uang palsu kemudian diserahkan kepada MFM kemudian digunakan untuk berbelanja.
“Kedua tersangka telah diamankan di Mapolres bersama barang bukti, para pelaku sudah pernah melakukan pemalsuan uang pada Desember 2021, dan pada Kamis 23 Juni 2022, masih ada satu pelaku dalam pengejaran yang identitasnya telah dikantongi," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini