Share

Peraih Nobel Perdamaian Meninggal pada Usia 77 Tahun, Bantu Akhiri Konflik Puluhan Tahun

Susi Susanti, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 18 2636494 peraih-nobel-perdamaian-meninggal-pada-usia-77-tahun-bantu-akhiri-konflik-puluhan-tahun-ya6vzlbdB2.jpg Peraih Nobel Perdamaian David Trimble tutup usia (Foto: AP)

IRLANDIA - David Trimble, mantan Perdana Menteri (PM) pertama Irlandia Utara, yang memenangkan Nobel Perdamaian karena membantu mengakhiri konflik yang berlangsung selama puluhan tahun di kawasan itu, meninggal pada usia 77 tahun.

Partai Unionist Ulster (UUP) mengatakan dalam sebuah pernyataan atas nama keluarga Trimble, bahwa ia meninggal pada Senin (25/7/2022) setelah sebelumnya sempat menderita sakit.

Trimble, yang memimpin partai itu dari 1995 hingga 2005, adalah pemrakarsa kunci Perjanjian Jumat Agung 1998 yang mengakhiri 30 tahun kekerasan yang terjadi di Irlandia Utara yang dikenal sebagai "the Troubles".

Dikutip VOA, dia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 1998 bersama dengan pemimpin moderat Katolik, John Hume. Pemimpin UUP saat ini, Doug Beattie, memuji Trimble sebagai"pria yang memiliki keberanian dan visi, sebuah penghargaan yang juga diserukan oleh para pemimpin dari seluruh ranah politik.

Baca juga: Jurnalis Rusia Lelang Medali Nobel Perdamaian untuk Bantu Anak-Anak di Ukraina

UUP adalah partai serikat Protestan terbesar di Irlandia Utara dan ketika dipimpin oleh Trimble, partai tersebut menyetujui kesepakatan damai Jumat Agung.

Baca juga: Dikenal Kritis Terhadap Pemerintah Rusia, Pemenang Nobel Perdamaian Disiram Cat Merah di Kereta Api

Meskipun dia seorang anggota serikat pekerja garis keras ketika ia masih muda, Trimble kemudian menjadi politisi yang dikenal atas kesediaannya untuk berkompromi. Langkah yang ia ambil dinilai sangat penting dalam menyatukan serikat pekerja dan kaum nasionalis di dalam pemerintahan baru Irlandia Utara yang berbagi kekuasaan.

Keir Starmer, pemimpin Partai Buruh oposisi Inggris menyebut Trimble sebagai sosok penting dalam kancah perpolitikan di Irlandia Utara dan Inggris dalam sebuah cuitan yang diunggah pada Senin (25/7/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini