Share

Waspada! Polisi Temukan 145 Money Changer Ilegal di Bali

Mohamad Chusna, Sindonews · Kamis 28 Juli 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 244 2637820 waspada-polisi-temukan-145-money-changer-ilegal-di-bali-Fhqv6VPeRK.jpg Uang (Foto: Dok Okezone)

DENPASAR - Wisatawan yang berlibur di Bali harus ekstra hati-hati dan waspada terutama saat menukar mata uang asing. Sebab, polisi menemukan 145 money changer ilegal di Bali.

"Hasil pengecekan, dari 155 money changer, hanya 10 yang berizin," kata Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali AKBP Suratno, Kamis (28/7/2022).

BACA JUGA:Tipu Wisatawan Australia, Money Changer di Kuta Bali Ditutup 

Dia mengungkapkan, ratusan money changer ilegal itu tersebar di sejumlah tempat, yaitu Kuta, Kuta Utara, Sanur dan Ubud. Sayangnya, lanjut dia, polisi tidak memiliki wewenang mengambil tindakan hukum kepada tempat penukaran mata uang asing liar itu.

Para korban biasanya tidak melapor ke polisi setelah uang mereka dikembalikan. Dengan begitu, polisi tidak memiliki unsur formil dan materiil untuk mengambil tindakan hukum.

Suratno menyarankan korban membuat laporan resmi. "Kami akan tindaklanjuti sebagai tindak pidana penipuan atau penggelapan," ujarnya.

BACA JUGA:Ketika Cucu Presiden Soekarno Bersihkan Sungai di Bali 

Diberitakan sebelumnya, pasangan suami istri asal Australia kena tipu saat menukar uang dolar USD800 di money changer di Jalan Padma Utara, Kuta, 12 Juli 2022. Setibanya di hotel, korban menghitung uang dan sadar uang yang diterima tidak sesuai dengan kurs dengan nilai kekurangan total Rp2,2 juta.

Kasus tersebut berakhir damai setelah pihak money changer telah mengembalikan uang wisatawan negeri Kangguru itu.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini