Share

Poroti Uang Wanita di Bali, WN Nigeria Dideportasi

Mohamad Chusna, Sindonews · Kamis 04 Agustus 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 244 2641636 poroti-uang-wanita-di-bali-wn-nigeria-dideportasi-rRNCKYuJi4.jpg WN Nigeria dideportasi dari Bali (Foto: M Chusna)

DENPASAR - Warga negara Nigeria, Emanuel Ebuka Amanambu, (30) dideportasi petugas imigrasi Bali. Selain izin tinggalnya telah habis, dia juga terlibat penipuan dengan korban sejumlah wanita di Bali.

"Dia diduga telah melakukan penipuan secara online," kata Kepala Kantor Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu, Rabu (3/8/2022).

Emanuel dideportasi menggunakan pesawat Ethiopian Airlines ET629 dari Bandara Soekarno Hatta menuju Adis Ababa pukul 20.35 WIB. Dianjutkan dengan penerbangan ET951 dari Addis Ababa ke Abuja.

BACA JUGA:Bekerja secara Ilegal, 9 WNI Dideportasi dari Timor Leste 

Dia menjelaskan, Emanuel melakukan penipuan dengan modus menjalin hubungan asmara dengan sejumlah wanita. Setelah si wanita terpedaya, dia lalu merayu untuk ditransfer sejumlah uang.

Penipuan dilakukan setelah Emanuel gulung tikar dari bisnisnya. Pria kulit hitam itu tiba di Indonesia 23 Juli 2019 silam untuk membeli pakaian anak-anak untuk dijual kembali ke negaranya.

BACA JUGA:Izin Tinggal Habis sejak 2020, Pengusaha Belanda Dideportasi Imigrasi Bali 

Setelah bangkrut, dia tidak mengurus perpanjangan visanya sejak berakhir pada 21 Agustus 2019. "Jadi dia overstay 927 hari atau dua setengah tahun lebih," imbuh Anggiat.

Dia menambahkan, Emanuel diusulkan masuk dalam daftar penangkalan masuk ke wilayah Indonesia. "Keputusan lebih lanjut ada di tangan Direktorat Jenderal Imigrasi," tutup Anggiat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini