Share

Pulau di Taiwan Putar Musik 24 Jam Non-Stop Selama 2 Dekade, Ini Alasannya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 18 2644812 pulau-di-taiwan-putar-musik-24-jam-non-stop-selama-2-dekade-ini-alasannya-mrQyEyU3Hc.jpg Sisa-sisa tank di Pulau Quemoy. (Foto: Getty Images)

TAIPEI – Selama dua dekade, Pulau Quemoy memutar musik 24 jam sehari non-stop sebagai strategi pemerintah Taiwan untuk melawan propaganda dan menghindari konflik dengan China. Musik itu diputar dari “tembok pengeras suara” setinggi 10 meter yang dibangun menghadap ke garis pantai China.

Strategi ini mulai digunakan otoritas Taiwan pada 1979, setelah Amerika Serikat (AS) secara resmi mengakui pemerintahan Komunis China mengikuti “kebijakan satu China” yang diterapkan Beijing. Lagu-lagu Teresa Teng, salah satu penyanyi favorit pemimpin Partai Komunis China, Deng Xiapoing, seringkali dikumandangkan dengan suara keras dari tembok pengeras suara yang dikenal sebagai Tembok Siaran Beishan itu.

Musik-musik dan pidato propaganda yang disiarkan pemerintah Taiwan itu “menggempur” penduduk Xiamen di China daratan, yang dibalas oleh otoritas Partai Komunis China dengan taktik yang sama. Ini menyebabkan “perang suara” yang berdampak pada kesehatan mental penduduk Xiamen dan Pulau Quemoy.

Siaran berlanjut sampai 1990-an, ketika pulau itu tidak lagi diperintah oleh rezim militer yang ketat, setelah Taiwan beralih menjadi negara demokrasi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sejak pembukaan perlahan dengan China daratan diluncurkan pada 2001, Pulau Quemoy dijadikan tujuan wisata bagi orang-orang China yang penasaran. Mereka mencari kesempatan untuk berfoto dengan sisa-sisa perang yang masih ada di tepi pantai dan mengunjungi bangunan tradisional yang masih ada di pulau itu.

Baca Berita Selengkapnya: Pulau Taiwan Ini Putar Musik Non-Stop Selama 2 Dekade untuk Cegah Konflik dengan China

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini