Share

Sindir Konflik China-Taiwan Gunakan Jumlah Restoran, Jubir Kemlu China Tuai Kecaman

Susi Susanti, Okezone · Selasa 09 Agustus 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 18 2644849 sindir-konflik-china-taiwan-gunakan-jumlah-restoran-jubir-kemlu-china-tuai-kecaman-YgoYswhCE4.jpg Jubir Kemlu China Hua Cunying (Foto: AFP)

BEIJING - Seorang juru bicara senior kementerian luar negeri China telah memicu 'badai' ejekan dan kecaman online, setelah menggunakan daftar restoran untuk menegaskan klaim Beijing atas Taiwan melalui cuitan di Twitter pada larut malam.

"Peta Baidu menunjukkan bahwa ada 38 restoran pangsit Shandong dan 67 restoran mie Shanxi di Taipei," terang juru bicara Hua Chunying saat memposting di situs media sosial pada Minggu (7/8/2022) malam.

"Palates jangan curang. #Taiwan selalu menjadi bagian dari China. Anak yang telah lama hilang pada akhirnya akan kembali ke rumah," tambahnya, dikutip CNA.

 Baca juga: China Perpanjang Latihan Militer di Sekitar Taiwan, Fokus Peperangan Antikapal Selam

Tweet Hua datang pada akhir minggu ketegangan di sekitar Selat Taiwan, di mana Beijing mengamuk menyusul kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau itu, yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya.

Baca juga: Kaum Muda di Taiwan Siap Perang Melawan China, Banyak yang Ikut Latihan Bela Diri

Pemerintah China telah menanggapi perjalanan Pelosi dengan membatalkan serangkaian pembicaraan dan perjanjian kerja sama dengan Washington, serta mengerahkan jet tempur, kapal perang, dan rudal balistik di sekitar Taiwan yang demokratis dan memiliki pemerintahan sendiri.

Tweet Hua itu tampaknya menjadi bumerang, karena ribuan pengguna di Twitter - sebuah situs yang dilarang di China dan hanya dapat diakses melalui perangkat lunak VPN khusus – langsung menyerbu mengecam logika pejabat tinggi.

"Ada lebih dari 100 restoran ramen di Taipei, jadi Taiwan jelas merupakan bagian dari Jepang," tulis seorang pengguna Twitter dengan nama "Marco Chu" untuk cuit balasan ke Hua.

"Google Maps menunjukkan bahwa ada 17 McDonalds, 18 KFC, 19 Burger Kings, dan 19 Starbucks di Beijing. Selera tidak menipu. #China selalu menjadi bagian dari Amerika. Anak yang telah lama hilang akhirnya akan kembali ke rumah," cuit pengguna Twitter "@plasticreceiver" dalam parodi tweet Hua.

Yang lain bertanya-tanya dengan bercanda apakah logika Hua berarti Beijing dapat mengklaim wilayah yang jauh di luar kawasan Asia Pasifik.

"Ada 29 rumah pangsit di wilayah Greater Los Angeles belum lagi 89 restoran mie," tulis seseorang yang men-tweet dengan nama "Terry Adams".

"Menggunakan logika Hua, LA selalu menjadi bagian dari China,” lanjutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini