Share

6 Bulan Diserbu Rusia, Kenapa Ukraina Tak Kunjung Tumbang? Ini Rahasianya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 18 2646078 6-bulan-diserbu-rusia-kenapa-ukraina-tak-kunjung-tumbang-ini-rahasianya-c7uX8xKFrM.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

SETELAH 6 Bulan diserbu Rusia, kenapa Ukraina tak kunjung tumbang? Hal ini menjadi menjadi pertanyaan yang mengemuka di tengah konflik antara kedua negara bekas Uni Soviet yang bertetangga itu.

Gempuran invasi yang dilakukan Rusia sejak Februari 2022 rupanya tak menggentarkan Ukraina. Perang di negara penghasil gandum itu saat ini masih terus berlanjut dan belum terlihat akan segera berakhir.

Di Mykolaiv, Ukraina, malam pertama selalu menjadi hal yang paling sulit. Termasuk untuk memejamkan mata atau tidur di malam hari.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Nyaris setiap hari Rusia menyerang Ukraina hingga menguasai sebagian besar wilayah Ukraina di bagian timur dan selatan. Bahkan akhir Juli lalu serangan tersebut menewaskan satu orang di kota Bakhmut, Donetsk, Ukraina Timur.

Tak hanya itu saja, sebelumnya negara di bawah kepemimpinan Presiden Putin juga melakukan serangan ke Odessa dan menghancurkan senjata Ukraina yang merupakan bantuan dari Amerika Serikat (AS).

"Rudal jarak jauh dengan presisi tinggi yang diluncurkan dari laut menghancurkan satu kapal perang Ukraina dan pasokan rudal anti-kapal yang dikirim AS ke rezim Kyiv," terang Kementerian Pertahanan Rusia yang dikutip AFP pada 25 Juli 2022.

Kemampuan Ukraina bertahan setelah 6 bulan diserbu Rusia perhatian bagi pengamat di beberapa negara. Sejumlah pengamat yang memperhatikan pertikaian kedua negara tersebut memiliki pendapat yang berbeda mengenai apa penyebab Ukraina tak kunjung tumbang.

Salah satunya adalah karena tujuan negeri Beruang Merah menyerang Ukraina bukan untuk menguasai Ukraina, melainkan agar negara tetangganya itu tidak jatuh ke pelukan NATO, demiliterisasi Ukraina, mempertahankan daerah yang telah dikuasai, dan untuk mendorong bergantinya rezim di negara yang berjuluk Keranjang Roti Eropa.

Ada juga yang mengatakan bahwa ketangguhan Ukraina tercermin pada kemenangan-kemenangan kecil yang berdampak besar bagi Rusia. Salah satunya adalah Ukraina yang berhasil memutus rantai logistik Rusia.

Selain itu, Ukraina juga berhasil memotong sebuah jembatan strategis, yaitu jembatan Antonovski, yang mana sebagai penghubung pasokan utama antar kota serta tepi selatan Dnipro.

"Malam yang luar biasa bagi para penjajah (Rusia) di wilayah Kherson. Penghancuran jembatan Antonovsky," ungkap seorang pejabat militer Ukraina di Kota Kherson, Sergei Khlan, melalui Facebook.

Meski kekuatan militer kedua negara tersebut terlihat tak seimbang, namun Ukraina tetap berhasil bertahan karena serangan Rusia bergantung dari objektifitasnya.

Pendapat lain menyatakan jika Rusia sebenarnya bukanlah melawan Ukraina, namun negara-negara barat yang mendukung Ukraina. Tak hanya itu saja, Rusia tak begitu melepas gempuran karena mereka terjebak di jalur laut, seperti Laut Baltik, bosporus, dan Dardanella karena Amerika tak akan tinggal diam jika mereka bisa menguasai jalur laut dan sanksi yang akan mengancam perekonomiannya.

Demikian pembahasan mengenai 6 Bulan diserbu rusia, kenapa Ukraina tak kunjung tumbang.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini