Share

Kunjungan ke Taiwan, China Jatuhkan Sanksi ke Wakil Menteri Lithuania

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 13 Agustus 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 18 2647289 kunjungan-ke-taiwan-china-jatuhkan-sanksi-ke-wakil-menteri-lithuania-S1Hy2W0f7l.jpg Ilustrasi bendera Taiwan dan Lithuania (Foto: Reuters)

BEIJING - Kementerian luar negeri China mengatakan pada Jumat (12/8/2022) bahwa pihaknya telah menjatuhkan sanksi kepada Wakil Menteri Transportasi dan Komunikasi Lithuania Agne Vaiciukeviciute karena mengunjungi Taiwan, perkembangan terbaru dalam pertikaian diplomatik Beijing dengan negara Uni Eropa (UE).

Kementerian luar negeri mengatakan China juga akan menangguhkan keterlibatan dengan kementerian Vaiciueviciute dan kerja sama transportasi dengan Lithuania, sebuah republik Baltik kecil.

Menanggapi hal ini, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Lithuania mengatakan pihaknya menyesali pengumuman China.

Baca juga: AS Tuduh China Manfaatkan Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan untuk Ubah 'Status Quo'

"Beijing memilih untuk melanjutkan dan mengintensifkan tindakan ilegal terhadap (satu) negara anggota UE," kata kementerian Lituania dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Baca juga: China Hentikan Latihan Militer Besar-besaran, Taiwan Masih Latihan Tembakkan Howitzer dan Suar

"Ini tidak hanya tidak kondusif untuk pengembangan hubungan China dengan dunia demokrasi, tetapi juga membalikkan kebijakan yang dinyatakan Beijing sendiri sejauh ini tidak menghalangi pengembangan hubungan yang saling menguntungkan dengan Taiwan, salah satu ekonomi paling progresif di dunia,” lanjutnya.

Vaiciukeviciute mengatakan di Twitter pada Jumat (12/8/2022) bahwa dia telah mengunjungi tiga kota dan dua pelabuhan serta mengadakan 14 pertemuan di Taiwan selama lima hari.

"Seminggu yang produktif di Taiwan, mencari lebih banyak cara kerja sama LT Transport dengan perusahaan maritim, pelayaran, dan penerbangan TW," tweetnya, merujuk ke Lithuania dan Taiwan.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Seperti diketahui, China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayahnya dan menentang politisi asing yang mengunjungi pulau itu. Taiwan yang diperintah secara demokratis menolak klaim China.

Penguatan hubungan Lithuania baru-baru ini dengan Taiwan telah membuat marah Beijing dan menyebabkan penurunan ekspor Lithuania ke China pada kuartal pertama tahun ini menjadi hampir nol.

Vaiciueviciute dilaporkan mengunjungi Taiwan beberapa hari setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi melakukan kunjungan ke pulau itu pekan lalu.

Menanggapi kunjungan Pelosi, China meluncurkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan, menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi dan pembatasan perdagangan dengan Taiwan.

Ketika Wakil Menteri Ekonomi dan Inovasi Lithuania Jovita Neliupsiene mengunjungi Taipei pada Juni lalu, dia mengatakan bahwa Lithuania berencana untuk membuka kantor perwakilan di Taiwan pada September mendatang.

Lithuania telah berada di bawah tekanan China yang berkelanjutan untuk membatalkan keputusan tahun lalu yang mengizinkan Taiwan membuka kedutaan de facto di ibu kota Vilnius dengan namanya sendiri.

China telah menurunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania dan menekan perusahaan multinasional untuk memutuskan hubungan dengannya.

Pada Januari, UE meluncurkan tantangan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang menuduh China melakukan praktik perdagangan diskriminatif terhadap Lithuania dan dengan alasan bahwa ini mengancam integritas pasar tunggal blok itu.

China mengatakan bahwa mereka selalu mematuhi aturan WTO dan bahwa masalahnya dengan Lituania bersifat politik, bukan ekonomi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini