Share

5 Senjata Iran Ini Paling Ditakuti Oleh Amerika dan Israel, Nomor 4 Bisa Hancurkan Negara

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 15 Agustus 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 18 2648041 5-senjata-iran-ini-paling-ditakuti-oleh-amerika-dan-israel-nomor-4-bisa-hancurkan-negara-646uJSELP9.jpg Ilustrasi (Foto: AFP)

JAKARTA - Iran adalah negara Timur Tengah yang memiliki sejarah perseteruan dengan negara adidaya Amerika Serikat (AS) dan sekutunya Israel. Meski di atas kertas Iran tidak sepantar dengan AS, namun negara berpenduduk mayoritas syiah itu tidak bisa dianggap remeh.

Iran memiliki persenjataan alutsista mereka yang sangat modern membuat negara lain harus berpikir dua kali untuk menginvasi negeri para mullah itu. Selain itu, Iran juga memiliki kapabilitas untuk membuat senjata nuklir, yang selalu membuat khawatir AS dan sekutu-sekutunya.

Berikut 5 senjata iran ini paling ditakuti oleh Amerika dan Israel yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Misil Balistik

Iran dikenal sebagai negara yang memiliki banyak stok misil balistik. Hanya sekali tekan, misil-misil itu akan menyasar ke target yang diinginkannya. Misil tersebut di antaranya Shabab-4 yang mampu menghancurkan target sejauh 2.400 mil. Adapula Sejil 3 yang memiliki berat 38 ribu kilogram dan memiliki daya jelajah maksimal sejauh empat ribu kilometer.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

2. Perahu Tempur Cepat

Iran juga dilengkapi skuad perahu tempur cepat paling terlatih di dunia. Mereka mampu melakukan aksi gerak cepat yang bakal membuat para musuh tak berkutik. Mereka pun serba bisa, karfena di samping berfungsi menghancurkan properti dan fasilitas militer musuh, juga mampu combat di tengah laut.

3.Kapal Selam Ghadir-Class Midget

Kapal selam Ghadir bakal menjadi ancaman serius bagi musuh-musuh Iran. Kapal ini dapat melesat cepat hingga kecepatan 11 knot saat di kedalaman air laut.

Ia juga dapat dilengkapi torpedo-torpedo kelas berat yang bisa dilepaskan kapan saja secara akurat. Berbekal kekayaan alamnya, Iran bisa memboyong lusinan Ghadir untuk dioperasikan secara simultan.

4.Misil Soumar

Soumar merupakan sejenis misil jarak jauh yang punya daya ledak super. Pembuatannya terinspirasi dari Kh-55 bikinan Rusia. Soumar konon dapat menghancurkan target dari jarak yang cukup jauh.

Bahkan, senjata ini jumlahnya yang lebih dari cukup bagi Iran untuk meluluhlantahkan sebuah negara, termasuk AS sekalipun.

5 Rudal Khalij e-Fars

Iran selanjutnya diketahui memiliki rudal anti kapal perang Khalij e-Fars. Di Angkatan Laut Garda Revolusi, rudal ini menjadi rudal paling canggih dan mematikan. Bahkan rudal  Khalij e-Fars disebut sebagai pencabut nyawa.

Khalij e-Fars dapat menjangkau target sampai 300 km sata membawa 650 kg muatan dan termasuk kedalam rudal Balistik. Bahan bakar yang digunakan adalah oksigen cair.

(RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini