Share

Minta Sumbangan untuk HUT Ke-77 RI, Pemuda Ini Malah Curi HP di Toko

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 340 2650192 minta-sumbangan-untuk-hut-ke-77-ri-pemuda-ini-malah-curi-hp-di-toko-PVKoKOXJIK.jpg Illustrasi (foto: freepick)

PEKANBARU - Seorang warga Pekanbaru berinisial R ditangkap pihak kepolisian. Pemuda ini diamankan setelah diketahui melakukan pencurian di sebuah toko.

Modusnya, yakni dengan mengajukan proposal dan untuk acara HUT Ke-77 RI. Setelah pemilik toko lengah, R membawa handphone milik korban. Belakangan aksinya diketahui dan diapun diamankan.

"Motif pencurian yang dilakukan R tersebut didorong oleh faktor ekonomi yang memang hanya tinggal bersama ibunya yang sudah tua dan dia pengangguran," kata Kapolsek Payung, AKP Nursyafniati, Kamis (18/8/2022).

 BACA JUGA:Usai Dilakukan Mediasi, Kasus Pencurian di Alfamart Berakhir Damai

Dia menjelaskan, bahwa pada 16 Agustus 2022, pelaku mendatangi ruko (rumah toko) penjualan ikan dan udang beku milik Ruslan di Jalan Rumah Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. Kemudian R menemui korban dan meminta bantuan dan sambil menyodorkan proposal. R menyebut dana tersebut untuk perayaan 17 Agustusan di Lapangan RT 04 RW 03 Kelurahan Air Hitam.

Namun permintaan ini ditolak oleh Ruslan. Saat Ruslan lengah itulah, pelaku langsung mengambil HP korban yang terletak tidak jauh dari R. Setelah itu R langsung pergi dari ruko tersebut.

 BACA JUGA:Kasus Pencurian dan Intimidasi Karyawan Alfamart, Polisi Periksa 5 Saksi

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Belakangan Ruslan baru menyadari handphonenya hilang. Diapun melaporkan peristiwa itu kepada pihak Babinsa dan Banbinkamtibmas di sekitar rumahnya. Akhirnya kasusnya di tangan Polsek Payung Sekaki. Pihak polisi memeriksa CCTV di ruko. Dari pemeriksaan diketahui ciri ciri pelaku.

"Babinkamtibmas mengenali pelaku dan mendatangi rumah R di Jalan Serayu Gang Meranti. Setelah itu petugas membawa pelaku berserta ibunya ke ruko tempat pencurian," imbuhnya.

Kemudian dilakukan mediasi oleh polisi dengan kedua belah pihak. Ruslan bersedia berdamai dengan syarat R mengembalikan handphonenya.

"Pelaku akhinya mengambalikan HP korban merek Poco X3 dan meminta maaf dan berjanji tidak mengulangi. Pelaku berjanji tidak mengulangi perbuatan lagi. Terkait proposal 17 Agustus yang dibawa pelaku itu pelaku itu palsu alias bodong," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini