Share

3 Tokoh Al Qaeda yang Tewas, Nomor 1 Dibunuh Pasukan Khusus Amerika

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 22 Agustus 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 21 18 2651640 3-tokoh-al-qaeda-yang-tewas-nomor-1-dibunuh-pasukan-khusus-amerika-2ShsnvmMaY.jpg Osama bin Laden/Foto: Reuters

Al QAEDA merupakan organisasi militan Islam yang didirikan pada tahun 1980-an oleh Osama bin Laden. Awalnya, organisasi ini merupakan jaringan logistik untuk mendukung umat Muslim yang berperang melawan Uni Soviet, dalam perang Afghanistan.

Seiring berjalannya waktu, Al Qaeda bergabung dengan sejumlah organisasi Islam militan lainnya dan mendirikan kamp militan Muslim di seluruh dunia. Mereka melatih anggotanya untuk melakukan serangan teroris dan melakukan perang suci melawan AS.

Berikut adalah 3 tokoh Al Qaeda yang tewas dilansir beragam sumber.

(Baca juga: Pembunuhan Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri, Taliban Gelar Pertemuan Mendadak)

1. Osama bin Laden

Osama bin Laden adalah pemimpin Al Qaeda paling terkenal. Namanya banyak dibicarakan saat serangan menara kembar Amerika Serikat (AS) pada 9 September 2001. Peristiwa itu dikenal dengan nama 9/11.

Sesudahnya, pemerintah AS langsung mengalamatkan Laden dan Al Qaeda sebagai dalang peristiwa itu. Meskipun tuduhan-tuduhan tersebut tidak berhasil dibuktikan, Laden tetap lekat dengan citra sebagai otak serangan mengerikan itu.

Melansir Britannica, Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi pada 1957 dan meninggal di Pakistan, 2 Mei 2011. Laden bersama Al Qaeda melatih para militan dan mendanai serangan teroris. Pada Mei 2011, Laden ambruk usai ditembak pasukan militer AS. Keberadaaannya berhasil diendus AS usai buron selama 1 dekade.

Tentara AS menurunkan 2 helikopter Black Hawk ke sebuah komplek di Abottabad, Pakistan dan siap menggerebek Laden. Proses penggerebekan berlangsung sekitar 40 menit. Selain Laden, peristiwa itu juga menewaskan salah satu putranya yang sudah cukup dewasa. Laman History menyebut, tidak ada tentara AS yang terluka akibat peristiwa itu.

2. Ayman Al-Zawahiri

Pemimpin Al Qaeda yang dikabarkan baru saja tewas adalah Ayman Al-Zawahiri. Ia dikabarkan dibunuh tentara AS pada 31 Juli 2022 menggunakan 2 rudal yang ditembakkan dari atas drone atau pesawat tanpa awak.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Kejadian tewasnya Ayman di rumah persembunyiannya di Kabul, Afghanistan menimbulkan banyak tanda tanya. Sebab. berdasarkan foto yang beredar, tidak terlihat tanda-tanda ledakan di sekitar lokasi kejadian.

Pihak AS juga mengeklaim tidak ada masyarakat yang terluka akibatnya. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa AS menggunakan senjata rahasia, yakni Hellfire R9X. Senjata mengerikan itu dilengkapi 6 bilah senjata menyerupai silet yang memanjang di badan pesawat. Senjata itu tidak meledak, namun mampu mengiris targetnya dengan senyap.

3. Abu Saeed al-Masri

Abu Saeed al-Masri merupakan komandan tinggi Al Qaeda di Pakistan yang tewas pada Agustus 2008. Dirinya disebut tewas dalam sebuah pertarungan dengan tentara Pakistan di sekitar wilayah perbatasan Pakistan dan Afghanistan.

Pria warga negara Mesir itu dikenal sebagai orang yang menjalani segala bentuk operasi Al Qaeda di Pakistan. Reuters menyebut, al Masri adalah salah satu anggota paling senior Al Qaeda yang tewas tak berapa lama usai tewasnya ahli senjata kimia dan biologi Al Qaeda, Abu Khabab al-Masri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini