Share

Kapal Terbalik di Laut Jawa, 6 Orang Selamat dan 8 Hilang

Arif Budianto, Koran Sindo · Sabtu 27 Agustus 2022 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 525 2655828 kapal-terbalik-di-laut-jawa-6-orang-selamat-dan-8-hilang-nuicJjlr93.jpg KM Sida Rahayu terbalik di laut Jawa (Foto: Arif Budianto)

BANDUNG - Sebuah kapal nelayan KM Sida Rahayu 3 GT 30 terbalik di Perairan Laut Jawa, pada Kamis 25 Agustus 2022. Enam orang dikabarkan selamat, sementara delapan anak buah kapal (ABK) lainnya hingga kini belum diketahui nasibnya.

Informasi dari Basarnas Bandung, petugas Operator komunikasi Kantor SAR Bandung menerima laporan dari Kantor SAR Jakarta terkait kecelakaan kapal yang terjadi pada Kamis 25 Agustus 2022 pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA:Ada 53 Ribu Kapal Nelayan di Sulsel, Cuma 100 yang Punya Sertifikat Kelaikan 

Dilaporkan KM Sida Rahayu 3 GT 30 terbalik di Perairan laut Jawa dengan koordinat 05 17'161" S 107 48'498"E dan mengakibatkan 8 dari 14 anak buah kapalnya hilang pasca kejadian tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima Kapal Cumi KM Sida Rahayu 3 dengan 14 POB (Person On Board), kapal berangkat melaut dari Pelabuhan Muara Angke pada Selasa 23 Agustus 2022 tujuan laut Jawa. Namun, pada Jumat 26 Agustus pukul 08.45 TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda melihat KM Sida Rahayu 3 dalam kondisi terbalik.

BACA JUGA:Kapal Terbalik di Perairan Garut, Seorang Meninggal dan Satu Hilang 

Selanjutnya, TB Mitra Pulau melakukan penyelamatan terhadap 6 ABK dan dievakuasi ke Pelabuhan Marunda, sedangkan 8 ABK lainnya masih dalam pencarian.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril memerintahkan pengerahan alut dan personel dari Bandung, yaitu dari kapal Basarnas KN 206 Bandung beserta crew, Personel Kantor SAR Bandung, Personel Unit Siaga SAR Karawang serta secara intens melakukan koordinasi dengan BCC (Basarnas Command Center), Kantor SAR Jakarta, SROP Tj. Priok, VTS Tj. Priok, KSOP Patimban dan VTS Cirebon.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, Kantor SAR Bandung berkoordinasi dengan Kantor SAR Jakarta terkait pengerahan Alut dari Kantor SAR Jakarta untuk melakukan pencarian POB yang belum ditemukan.

"Kita sudah meminta bantuan Kantor SAR Jakarta untuk mengerahkan KN SAR Wisnu dan RIB Jakarta karena memang lokasi kejadian lebih dekat dari posisi standby alur Jakarta", pungkas Jumaril.

DATA POB SELAMAT:

1. Nama : Panji Irawan

Jabatan : KKM

2. Nama : Castiyah

Jabatan : Kelasi

3. Nama : Jamaludin

Jabatan : Kelasi

4. Nama : Ari Sutiyoso

Jabatan : Kelasi

5. Nama : Kirno Hadi

Jabatan : Kelasi

6. Nama : Fiqih Maulana

Jabatan : Kelasi

DATA POB DP (Dalam Pencarian):

1. Nama : Selamet Sugriyono

Jabatan : Nahkoda

2. Nama : Ahmad Sahlani

Jabatan : Kelasi

3. Nama : Kalari

Jabatan : Kelasi

4. Nama : Taryudi

Jabatan : Kelasi

5. Nama : Mungadi

Jabatan : Kelasi

6. Nama : Wisnu

Jabatan : Kelasi

7. Nama : Ady Romadon PM

Jabatan : Kelasi

8. Nama : Yadi suprihadi

Jabatan : Kelasi

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini