Share

Tiba di Belitung, Menko Luhut Disambut dengan Segarnya Minuman Es Jeruk Kunci

Agustina Wulandari , Okezone · Kamis 08 September 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 340 2663223 tiba-di-belitung-menko-luhut-disambut-dengan-segarnya-minuman-es-jeruk-kunci-aNjP2hpCTd.jpg Menko Luhut kunjungi Museum Maritim, Pulau Belitung. (Foto: okezone.com/Diskominfo Bangka Belitung)

TANJUNG PANDAN - Kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan ke Pulau Belitung, tidak hanya disambut hangat dengan tarian tradisional Tari Sambut, namun juga disuguhkan dengan segelas minuman segar khas Bangka Belitung, yakni es jeruk kunci.

"Ini jeruk kunci, pak. Kandungan vitamin C-nya tinggi, silakan dicoba. Ini khas sini," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin saat menyambut kedatangan Menko Luhut di ruang VVIP HAS Hanandjoeddin, Rabu (7/9/2022).

"Oh ya? Apa bedanya dengan jeruk yang lain?" tanya Menkomarves Luhut.

Pj. Gubernur menjelaskan bahwa jeruk kunci ini kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, jeruk khas Bangka Belitung tersebut dideskripsikan olehnya, memiliki ukuran yang kecil, berwarna kulit hijau tua, air perasannya cenderung bening, dan bercita-rasa asam segar.

Usai menikmati segelas minuman jeruk kunci, Menko Luhut diajak Pj Gubernur untuk berkeliling Belitung, melewati bundaran Batu Satam, serta mengunjungi Museum Maritim di Desa Tanjung Tinggi.

Kunjungannya ke Museum Maritim tentu berkaitan erat dengan bidang yang memang ditanganinya di Kemenko Marves, sebab museum tersebut menjadi saksi sejarah bahwa memang Indonesia merupakan Negara kepulauan, Negara maritim, yang dulu leluhurnya adalah seorang pelaut/pelayar.

Menko Marves Luhut Panjaitan mengunjungi Pulau Belitung. (Foto: Diskominfo Bangka Belitung) 


Hal itu juga sejalan dengan topik yang diusung pada Development Ministerial Meeting G20 di Pulau Belitung, blue economy atau ekonomi biru yang menekankan tentang pemanfaatan ekonomi keberlanjutan khususnya dalam hal potensi laut.

Dalam kunjungannya ke Museum Maritim, Menko Marves Luhut disuguhkan pemandangan ikon Museum Maritim yakni Kapal Pinisi, yang merupakan sejenis kapal layar tradisional dari kayu. Selain itu, juga ada beberapa benda bersejarah yang berkaitan dengan dunia kemaritiman di Indonesia.

Sebelum melanjutkan sesi Gala Dinner bersama para delegasi G20 di Sheraton Hotel, Menko Luhut berpesan agar Museum Maritim dapat dikembangkan lebih bagus lagi.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini